Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Model Discovery Learning Berbantuan Video pada Materi Sistem Reproduksi Manusia

Sri Wahyuni, Titin Titin, Zulfikar Zulfikar

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan secara kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik di kelas IX B SMP Negeri 8 Pontianak dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan video pada materi sistem reproduksi manusia. Pengumpulan data dilakukan disetiap akhir siklus pembelajaran dengan memberikan evaluasi dan angket motivasi. Dari hasil analisis data, terdapat peningkatan pada rata-rata hasil belajar meningkat 16,78%, rata-rata ketuntasan 32,26%, dan rata-rata motivasi belajar meningkat 7,95% dari siklus I dan siklus II. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa model Discovery Learning dengan bantuan video dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik terhadap materi sistem reproduksi.


Keywords


Discovery learning, hasil belajar, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Abdjul, D. (2021). Penerpan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343-348.

Anjarsari, P. (2013, 7-12 September). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu (implementasi kurikulum 2013), Workshop PPM Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas, serta Menerapkan Konsep Ilmiah Siswa SMP, Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh di https://docplayer.info/32598993-Pengembangan-pembelajaran-ipa-terpaduimplementasi-kurikulum-2013.html.

Annisa, A. N. (2019). pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa di sekolah. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, (2)2, 1-6.

Apriyadi, A., & Ati., S. (2020). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model discovery learning Kelas VIII-A SMPN 2 Piani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 58-64.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Damayanti, E., Susiswo., & Cholis Sa’dijah. (2022). Penerapan model discovery learning berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1-15.

Fadillah, M. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan pemanfaatan media audio-visual di kelas rendah. JPPP: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran, (1)1,1-11.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu. (2013). Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Marjani, L., Aris, R., Heris, H., & Ika, W.A. (2018). penerapan pendekatan pembelajaran discovery learning terhadap self confidence siswa SMP di Kabupaten Purwakarta. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 569-574.

Mustafidah, R., (2021). Video pembelajaran berbasis model discovery learning dalam mengatasi kesulitas pemahaman materi IPA SMP saat darig. Lokakarya dan Seminar IPA 2021 (LASER), 1pp 560-610.

Noviyanto, T. S. H., Nengsih, J., & Eny, S. R. (2015). Penggunaan media video animasi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar biologi. EDUSAINS, 7(1), 57-63.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9–17.

Prameswari, A. M., Sudargo, S., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas model pembelajaran discovery learning dan team assisted individualization berbantu camtasia terhadap prestasi belajar siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 294–299.

Putri, P.E., Lufri., Helendra., Sa’adiyah, F., 2021). Motivasi belajar dan hasil belajar biologi selama pembelajaran daring pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 338-342.

Rahmayani, Aprilia. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan mediavideo terhadap hasil belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246-253.

Ratnasari, D., Amelia, E., & Suhartono, A. (2020). Motivasi dalam model pembelajaran berbasis masalah pada konsep ekosistem. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4 (1), 27 – 34.

Resnani, 2017). Hubungan antara kebutuhan untuk sukses dan ketekunan belajar mahasiswa pendidikan profesi guru terintegrasi (PPGT) FKIP UNIB angkatan 2012. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 37-41.

Rizki, W., Cut N., & Muhammad, A. S. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(2), 136-142.

Sadiman, A. S., R. Rahardjo., Anung, H & Harjito. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan & pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.

Senjani, J. H., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2015). Pengaruh model discovery learning berbantuan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan optika geometris Kelas X SMA Negeri 2 Pati tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2), 31– 37.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soewono, E, B. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika menggunakan e-learning pendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia. Jurnal Ikraith-Indormatika, 2(2), 20-23.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1 (1), 13 – 21.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234-237: Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Zauma, F. F., Priyono, A., & Prasetyo, B. (2019). The effectiveness of discovery learning model using audio-visual media. Journal of Primary Education, 8(7), 32–38.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License