Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Etika dan Moralitas untuk Tingkat SMP

Febi Sucito, Kabri Kabri, Maria Fransisca Andanti

Abstract


Media pembelajaran memiliki peran penting dalam memotivasi siswa, membangkitkan minat siswa, dan meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami proses pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Pendidikan Budi Pekerti sebelum implementasi produk yang dikembangkan, (2) merancang media pembelajaran interaktif berbasis Android, dan (3) menilai kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan di berbagai sekolah menengah pertama di kecamatan Gladagsari, dengan 11 siswa kelas tujuh, yang merupakan praktisi agama Buddha, berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Kami melakukan analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert untuk evaluasi data. Perangkat pembelajaran multimedia ini terbukti cocok untuk Pendidikan Etika dan Moralitas dalam Pendidikan Agama Buddha. Data validasi ahli menghasilkan skor rata-rata 3,9 dengan persentase 78,0% dengan kategori "Baik" untuk ahli materi. Data validasi ahli media menghasilkan rerata skor 4,0 dengan persentase 80,0% dengan kategori "Baik". Pada uji coba terbatas diperoleh skor rata-rata 4,57 dengan persentase 91,5% dengan kategori "Sangat Baik".


Keywords


Pembelajaran, Multimedia, Android, Kelayakan

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Amalia, A. N., Suyono, & Arthur, R. (2023). Penyusunan Instrumen Penelitian: Konsep, Teknik, Uji Validitas, Uji Reliabitas, dan Contoh Instrumen Penelitian (Supriyadi, Ed.). PT Nasya Expanding Management.

Andriani, R., & Suratman, A. (2021). Media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 56–65. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Bahar, H., & Sundi, V. H. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROS SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292

Bahriah, E. S., Feronika, T., & Suharto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chemo-Edutainment Melalui Model Instructional Games Pada Materi Konfigurasi Elektron. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 132–143. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.07

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (Vol. 2). Universitas Terbuka.

Damayanti, P. A., & Qohar, Abd. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814

Devianti, R., Suci, &, & Sari, L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Aulia, 06(1), 21–36.

Dewi, T. A. (2015). Implemantasi Multimedia Interakif Dalam Pembelajaran Ekonomi Di Sekolah. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i2.328

Dhammacitta. (2010). Saṃyutta Nikāya Khotbah-khotbah Berkelompok Sang Buddha buku 1. Jakarta: Dhammacittaa Press.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. CV Kaaffah Learning Center.

Dwika Hidayati, I. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–257. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Ekiz, S., & Kulmetov, Z. (2016). The Factors Affecting Learners’ Motivation in English Language Education. In Journal of Foreign Language Education and Technology (Vol. 1, Issue 1). http://jflet.com/jflet/18

Frilia, M., Hapizah, Susanti, E., & Scristia, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Prisma Berbasis Android untuk Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas VIII. . Jurnal Gantang, 5(2), 191–201.

Hidayatullah, R., & Hasyim, B. A. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran CNC TU-2A Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPM Smk PGRI 1 Gresik. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 8(3), 9–14.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., Endang, D., & Sulistyowati, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia, 1(1), 1–1.

Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Nofitasari, I., & Sihombing, D. Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 07(01). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa

Pebrianto, P., Herpratiwi, H., & Fitriawan, H. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Hari Raya Agama Buddha di Sekolah Minggu Buddhis Bodhisattva. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1261–1270. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.556

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusar sumber Belajar Teori Dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Prenadamedia Group.

Pratomo, A. (2019). Media Interaktif Berbasis Android. Poliban Press.

Presiden Republik Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Purnama Sari, I., Krianto Sulaiman, O., & Azhari, M. (2023). Attribution-ShareAlike 4.0 International Some rights reserved Sistem Informasi Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat pada Kelurahan Sipagimbar dengan Metode Prototype Berbasis Web. Blend Sanis: Jurnal Teknik, 2(2), 125–134. https://doi.org/10.56211/blendsains.v2i2.288

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Septiawan, A., Damariswara, R., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 573–582. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2430

Suherman, Amim, N., Budoyo, K., & Suryani. (2022). Standar Isi Pada Manajemen Kurikulum di Lembaga Pendidikan Buddha. Prosiding Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 3(1).

Tarigan, D., & Siagian, D. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrogaman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.16524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License