Pengembangan Miniatur Pompa Air tanpa Listrik sebagai Alat Peraga pada Materi Usaha dan Energi untuk Siswa Kelas VIII di SMPN 6 Kota Bengkulu

Efzal Muji Rohmin, Adisel Adisel, Wiji Aziz Hari Mukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pompa air tanpa listrik  untuk materi usaha dan energi di SMPN 6 Kota Bengkulu dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 langkah, yaitu tahap Tahap pendefinisian (define), Tahap Perancangan (design), Tahap Pengembangan (develop), Tahap Diseminasi (diseminate). Pada penelitian ini hanya sampai tahap Tahap Diseminasi (diseminate).. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan kuesioner (angket). Angket kelayakan alat peraga diberikan kepada validator ahli materi dan ahli media, serta angket respon diberikan kepada guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu sebagai pengguna produk. Data hasil validasi ahli media memperoleh sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, ahli materi sebesar 86% dengan kriteria baik, sedangkan data hasil analisis angket respon guru memperoleh sebesar 90 % dengan kriteria sangat layak  dan hasil analisis angket respon siswa memperoleh sebesar 90,3% dengan kriteria sangat layak.


Keywords


Pengembangan alat peraga, Pompa Air Tanpa Listrik

Full Text:

PDF

References


Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97-104.

Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus Dan Balok). Jurnal Varian, 1(2), 82-91.

Dharmawan, A., Simanungkalit, Y. Y., & Megawati, N. Y. (2014). Pemodelan Sistem Kendali PIDpada Quadcopterdengan Metode Euler Lagrange. IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems), 4(1), 13-24.

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook untuk pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284-291.

Hakim, A. R., Asmaidah, S., Siregar, D. A., & Nasution, F. H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Physedu (Physics Education), 5(2), 1-6.

Hartati, B. (2010). Pengembangan alat peraga gaya gesek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Hasbi, M. A. (2015). Pengembangan Alat Peraga Listrik Dinamis (APLD) Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1).

Ifanisari, R. F., Andrizal, A., & Mailani, I. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Mipa 3 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Benai. Jom Ftk Uniks (Jurnal Online Mahasiswa Ftk Uniks), 3(2), 233-248.

Jufrida, J., Basuki, F. R., & Rahma, S. (2018). Potensi Kearifan Lokal Geopark Merangin Sebagai Sumber Belajar Sains Di SMP. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(01), 1-16.

Lendeon, G. R., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. SCIENING: Science Learning Journal, 3(1), 14-21.

Masykur, M., & Solekhah, S. (2021). Tafsir Quran Surah Al-‘Alaq Ayat 1 Sampai 5 (Perspektif Ilmu Pendidikan). Wasathiyah: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 72-87.

Miyanto, D. (2021). Analisis Terhadap Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 Tentang Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 5(1), 83-103.

Muhlisin, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tema polusi udara. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 1(2).

Mursyid, S., Ramadhan, T., & Rivaldi, F. (2019, November). Pengembangan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Materi Energi Listrik Di Smpn 1 Jongkong. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi Ii (Vol. 1, No. 1, Pp. 175-183).

Masyruhan, M., Pratiwi, U., & Al Hakim, Y. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrokontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 134-145.

Nurhayati, T. (2016). Hubungan kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(2).

Nafisah, D., Sulhadi, S., & Yulianti, D. (2018). Pembelajaran fisika berbantuan alat peraga proyektor smartphone untuk meningkatkan pemahaman konsep optik pada siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 74-80.

Nasution, M. D., Oktaviani, W., Utara, S., & Utara, S. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1), 46-54.

Pasla, S., Mandey, J., & Tulusan, F. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Negeri Sipil di Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Publik, 2(30).

Religia, R., & Achmadi, H. R. (2017). Pengembangan KIT Sederhana stirling engine pada materi termodinamika sebagai media pembelajaran fisika SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 113-119.

Rohman, Z. F., & Sugiyono, H. (2020, November). Tinjauan Yuridis Pemberian Hak Kepemilikan Atas Tanah Negara Kepada Perorangan Atau Badan Hukum. In National Conference on Law Studies (NCOLS) (Vol. 2, No. 1, pp. 581-598).

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP pada materi tekanan berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Sari, S., Fajriah, N., Saputra, N., Maulana, W., Saputro, A., & Hendradi, A. (2021). Penerapan Saluran Air Tanpa Listrik dengan Pembangunan Bendungan untuk Mendapatkan Air Bersih. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 242-249.

Syahruddin, M. H. (2014). Persamaan Aliran Air Dalam Media Berpori Sebagai Aliran Airtanah (Groundwater). Simposium Fisika Nasional 2014 (SFN XXVII), 27.

Yuliyanto, E., & Rohaeti, E. (2013). Pengembangan majalah kimia untuk meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas peserta didik kelas X SMA N 1 Mlati. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 1(1), 1-15.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.16576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License