Pengembangan Modul Project IPAS berbasis Lingkungan dalam Kurikulum Merdeka pada Fase E

Ernawati Ernawati, Iis Marsithah, Misbahul Jannah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan, validitas, dan Praktikalitas modul Project IPAS berbasis lingkungan dalam Kurikulum Merdeka pada Fase E. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) define; (2) design; (3) development; dan (4) disseminate. Untuk menguji kevalidan modul dilakukan oleh penilaian ahli materi tentang keseluruhan isi modul, ahli dalam tata bahasa yang akan menilai bahasa yang digunakan dalam modul, validasi desain yang akan dinilai oleh validasi ahli dalam teknologi pembelajaran. Uji coba produk dilakukan dalam 2 tahap yaitu uji coba pengguna /guru, uji coba kelompok kecil (12 peserta didik), dan kelompok besar (25 peserta didik). Penelitian ini telah mencapai standar kelayakan berdasarkan hasil kevalidan dan kepraktisan. Kevalidan produk modul projek IPAS berbasis lingkungan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan dari aspek yang dinilai mendapatkan persentase (92,08%), validasi oleh ahli bahasa 86,66%, dan validasi oleh ahli media 87,30% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan produk berdasarkan hasil uji coba pengguna/guru memperoleh skor rata-rata dari keseluruhan aspek adalah 88,48%, berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 91,83%, berdasarkan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 92,30% dengan kriteria sangat praktis.


Keywords


Pengembangan; Modul Project IPAS; Berbasis Lingkungan

Full Text:

PDF

References


______2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Akbar, Sa’dun. 2017. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Amir Hamza. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan (Reasearch & Development), Malang: Literasi Nusantara.

Antika, Yunanik dan Bambang Suprianto. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Aplikasi Rangkaian OP AMP Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 2 Bojonegoro”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 5, no. 2 (2016): 493-497.

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, elemen, dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, (2022). Satuan Pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Ervian Arif Muhafid. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berpendekatan Ketrampilan proses Pada Tema Bunyi di SMP Kelas VIII. Semarang: Upgris

Foni, dkk. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Anyaman Nyiru untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal p-ISSN: 2593-302X dan e-ISSN: 2599-3038. V (4). Hal 27-33

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Pusat Analisis Dan Sonkronisasi Kebijakan. Sekretariat Jendaral. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020- 2024, (Jakarta: Dirjen Peraturan Perundang-undangan, 2020): 40

Kemendikbudristek. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran

Kemendikbud, Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. (Jakarta: Dirjendikti, 2022): 1

Ketut, dkk, 2022. Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proceeding Senadimas Undiksha, Jurnal ISBN 978-623-5394-16-9. V (3). Hal 1287-1298

Lestiana, Ida, Mochammad Aed, Wiwin Puspita Hadi, Irsad Rosidi. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Wondering Exploring Explaining (WEE) Science pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya”. Konstruktivisme 10, no. 1: 113-129.

Mawarni, Sella. Muhtadi, Ali. 2017. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan:Jurnal Inovasi Pendidikan, (Online), Vol.4 No.1, http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp, (diakses 14 Maret 2023).

Misbahul Jannah. 2021. Pengembangan Modul IPA Berbasis Islamic Science Technology Engineering And Mathematics Pada Materi Hukum Newton. Jurnal EDUSAINS, 13(1). Hal 83-94.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Rambang, dkk. 2021. Praktikalitas Modul Pelatihan Membatik Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya Lokal Di Gallery Alam Takambang Padang Lua Sumatera Barat. Jurnal Multidisiplin Ilmu, Volume 2, Nomor 3. Hal 109-114

Ridwan, N.A. 2017. Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya. V(3). Hlm. 1-8.

Rafika. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 17 Tahun ke-7. Hal 1627-1637

Mia Rosmalia, “kelebihan dan Kekurangan Project Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka”, Jurnal UPI, 2022, h. 215.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018), hal. 110

Nur Laela. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Budaya Sumbawa Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas IV SDN Desa Beru Pada Materi Bangun Datar Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram

Saqjuddin. 2022. Pengembangan Modul Berbasis Karakter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Nilai Sikap Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS SD Kelas V MI Madani Kabupaten Gowa. Makasar : Tesis, Universitas Muhammadiyah.

Sugianto, Dony dkk, 2013. Modul Virtual: Multimedia FlipBook Dasar Teknologi Digital. Jurnal INVOTEC, 9 (2): 110-116.

Sukmadinata, NS. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono 2018 Metode Penelitian dan Pengembangan, Bandung: Alfabeta.

Septiani, A.N.S.I., Rejekiningsih, T., Triyanto, Rusnaini. 2020. Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9 (3), 1267 - 1279.

Wardathi, Amy Nilam dan Anangga Widya Pradipta. 2019. “Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media pada Pengembangan Buku Ajar Statistika untuk Pendidikan Olahraga di IKIP Budi Utomo Malang”. Efektor 6, no. 1: 61-67.

Widoyoko, E.P. 2012 Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wagiran. 2018. Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020 (Tahun Kedua). Jurnal Penelitian dan Pengembangan. IV (3). Hlm. 1- 29.

Warigan. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori Dan Implementasi, Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.16968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License