Pengembangan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal pada Fase E

Julaidar Julaidar, Iis Marsithah, Misbahul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, validitas, kepraktisan dan keefektifan e-modul Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal pada Fase E. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan Allesi dan Trolip yang terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Produk yang dihasilkan adalah E-Modul dengan tema “Cagruk Sagu, Makananku, Budayaku”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dihasilkan memperoleh: (1) Tingkat kevalidan yang sangat tinggi, hasil uji validasi ahli media memperoleh persentase 90,51%, ahli bahasa 86,66% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli media 82,65% dengan kategori cukup valid. (2) Tingkat kepraktisan yang sangat tinggi, perolehan hasil dari uji kepraktisan berdasarkan hasil respon guru sebesar 88,64% dan respon peserta didik mencapai 91,64% dengan kategori sangat praktis. (3) tingkat efektifitas yang sangat tinggi, berdasarkan hasil observasi terhadap keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh nilai persentase 92,29%, dan hasil observasi aktivitas peserta didik mencapai 89,88% dengan kategori sangat efektif. Selanjutnya berdasarkan data hasil ketercapaian Dimensi Profil Pelajar Pancasila diperoleh, dimensi Beriman, bertaqwa, kepada Tuhan yang maha Esa dan Berakhlak Mulia mendapatkan persentase sebesar 89,58%, untuk dimensi berkebhinekaan global memperoleh persentase 86,45%. Untuk analisis ketercapaian hasil belajar peserta didik diperoleh jumlah peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan, sebanyak 11 orang atau 91,66%, sedangkan peserta didik yang belum mencapai ketuntasan, sebanyak 1 orang atau 8,34%. Sehingga dapat diambil kesimpulan e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif  untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan P5 pada tema Kearifan Lokal


Keywords


Pengembangan; E-modul P5; Berbasis Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2017. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Alessi, dan Trollip .2001. Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education.

Andromeda. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Integrade Quided Inqury (IGI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Padang : Disertasi Universitas Negeri Padang

Amir Hamza. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan (Reasearch & Development), Malang: Literasi Nusantara.

Antika, Yunanik dan Bambang Suprianto. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Aplikasi Rangkaian OP AMP Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 2 Bojonegoro”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 5, no. 2 (2016): 493-497.

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, elemen, dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, (2022). Satuan Pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023

Cut Ayuanda, Misbahul dkk, 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 3D Berbasis Software Blender pada Materi Medan Magnet. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Volume 03, No 01: 41-57.

Cahyoratri, T, E. 2018. Pengembangan modul berbasis POP-UP untuku materi virus kelas X SM. Yogyakarta : Skripsi Universitas Sanata Dharma

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Ervian Arif Muhafid. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berpendekatan Ketrampilan proses Pada Tema Bunyi di SMP Kelas VIII. Semarang: Upgris

Foni, dkk. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Anyaman Nyiru untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal p-ISSN: 2593-302X dan e-ISSN: 2599-3038. V (4). Hal 27-33

Kadek Benny Vanorika, G. S. 2016. Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Sitem Operasi Jaringan Kelas XI SMK Negeri 3 Sigaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan , 1 .

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Pusat Analisis Dan Sonkronisasi Kebijakan. Sekretariat Jendaral. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020- 2024, (Jakarta: Dirjen Peraturan Perundang-undangan, 2020): 40

Kemendikbudristek. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran

Kemendikbud. 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Dirjendikti.

Ketut, dkk, 2022. Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proceeding Senadimas Undiksha, Jurnal ISBN 978-623-5394-16-9. V (3). Hal 1287-1298

Lestiana, Ida, Mochammad Aed, Wiwin Puspita Hadi, Irsad Rosidi. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Wondering Exploring Explaining (WEE) Science pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya”. Konstruktivisme 10, no. 1: 113-129.

Mawarni, Sella. Muhtadi, Ali. 2017. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan:Jurnal Inovasi Pendidikan, (Online), Vol.4 No.1, http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp, (diakses 14 Maret 2023).

Nugraha, A., Subarkah, C. Z., & Sari. 2015. Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan literasi kimia siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Najuah, dkk. 2020. Modul Eloktronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya, Medan: Yayasan Kita Menulis.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Ridwan, N.A. 2017. Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya. V(3). Hlm. 1-8.

Rafika. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 17 Tahun ke-7. Hal 1627-1637

Mia Rosmalia, “kelebihan dan Kekurangan Project Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka”, Jurnal UPI, 2022, h. 215.

Sugianto, Dony dkk, 2013. Modul Virtual: Multimedia FlipBook Dasar Teknologi Digital. Jurnal INVOTEC, 9 (2): 110-116.

Sukmadinata, NS. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono 2018 Metode Penelitian dan Pengembangan, Bandung: Alfabeta.

Septiani, A.N.S.I., Rejekiningsih, T., Triyanto, Rusnaini. 2020. Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9 (3), 1267 - 1279.

Trirahmah, Misbahul dkk, 2023. Pengembangan video pembelajaran berbasis software blender di SMA/MA. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin (Multidiciplinary Research), Volume 06, No 02: 147-157.

Usman, dkk. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam

Vembrianto St, 2014. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.

Wardathi, Amy Nilam dan Anangga Widya Pradipta. 2019. “Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan Media pada Pengembangan Buku Ajar Statistika untuk Pendidikan Olahraga di IKIP Budi Utomo Malang”. Efektor 6, no. 1: 61-67.

Widoyoko, E.P. 2012 Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wagiran. 2018. Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020 (Tahun Kedua). Jurnal Penelitian dan Pengembangan. IV (3). Hlm. 1- 29.

Warigan. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori Dan Implementasi, Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.17017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License