Pengaruh Penggunaan Media Realia Tata Surya Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab suatu permasalahan mengenai bagaimana pengaruh penggunaan media realia terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya analisis statistik deskriptif diperoleh skor pretest yang terendah yaitu 65 dan tertinggi yaitu 90, sedangkan pada posttest diperoleh skor terendah 70 dan tertinggi 95. Nilai ratarata (mean) pretest yang diperoleh yaitu 73,1481 sedangkan posttest yaitu 84,444. Hal ini menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pengunaan media miniatur media relia tata surya rata-rata nilai siswa meningkat dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran media miniatur media relia tata surya. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji prasyarat tersebut menyatakan bahwa data telah layak untuk diuji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan Sig (0,012) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu pada mata pelajaran IPA mengenai tata surya dengan menggunakan media relia tata surya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asih, W. W. (2014). Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.
Cahyono, G. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAI Berbasis Media Visual Bagi Anak Tuna Rungu. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 81–98.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran; Peranannya Sangat Penting Dalam pembelajaran. Jurnal Dimensi, 10–12.
Departemen Agama : RI Al-qur’an dan Terjemahnya. (2022). In Departemen Agama RI (Vol. 15). Bandung : Diponegoro.
Depdik, S. I. (2013). StandarNasionalPendidikan. Jakarta: Pt bumi Aksara.
Faisal, A. (2015). Bimbingan Dan Konseling (Vol. 6, Issue 2). Palembang: Noer Fikri Offset.
Hamid, D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta.
Nanang, M. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 3). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sapriati, A., & Dkk. (2014). Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi proses pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Aditama.
Susanto, R. (2018). Analisis Pengaruh Pembelajaran Quantum Terhadap Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA Di SDN Joglo 04 Petang (Studi Pre-Eksperimen). Jurnal Pendidikan Dasar PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 18.
Suyono, A., & Hariyanto, S. (2014). Perkembangan teknologi informasi dan profesi penerjemah. Jurnal Linguistik Terapan, 56–62.
Trianto. (2013). Model PembelajaranTerpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Widayanti, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Menggunakan Media Realia Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Pulung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidik Profesional Mandiri (JPPM).
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.17059
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License