Tantangan Sarana dan Prasarana di SMP SWASTA Labuhan Rasoki: Peran Pemerintah dalam Menyelesaikan Masalah

Julita Tantri, Muhammad Harli Hanapi, Hizkia Manurung, Lasria Rovi Naro Simatupang

Abstract


Permasalahan sarana dan prasarana SMA Swasta Labuhan Rasoki menjadi fokus investigasi kami. Wawancara dengan seorang guru sekolah digunakan sebagai sumber data utama untuk penelitian kualitatif ini. Studi tersebut menyimpulkan bahwa masih adanya masalah dalam penyediaan sarana prasarana terhadap kualitas pendidikan. Tujuan sarana dan prasarana adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Namun tidak semua sekolah memiliki semua fasilitas yang memadai. Untuk itu diperlukan upaya dari pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut, melalui pemberian dukungan sarana dan prasarana, akses pemerataan dan penyediaan anggaran bagi sekolah yang membutuhkan.

 


Keywords


Pendidikan; Sarana dan Prasana; Pemerintah

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2003). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, B. (2016). Pengaruh Layanan Pembelajaran, Sarana-Prasarana, Kerjasama Institusi dan Pemasaran Lulusan Terhadap Kepuasan Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1), 141-167.

Daryanto. (1997). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2006). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 53-64.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Pusat. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pemerintah Pusat: Jakarta.

Rajagukguk, S. R., Tumanggor, S., Malau, J. G., & Turnip, H. (2023). Pentingnya Pemerhatian Sarana dan Prasarana bagi Pendidikan yang Terpencil. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(1), 204-215.

Rosivia. (2014). Peningakatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 661-668.

Rosnaeni. (2019). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan. JIP: Ispiratif Pendidikan, 8(1), 32-43.

Saputra, A. L., & Sriyanto, A. (2021). Teori Manajemen Sarana Prasarana. JMPI: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-8.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2). 43-54.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.17859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License