Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kabupaten Bireuen

Muhammad Muhammad, Saiful Bahri, Siraj Siraj

Abstract


Tujuan penelitian adalah (1) Menemukan dan menguji apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap kinerja guru Sekolah Dasar (2) Apakah  kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap motivasi kerja guru Sekolah Dasar (3) Apakah  kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar (4) Apakah motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar 5) Apakah  kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Penelitian ini ini dilakukan pada SD Negeri se Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan survey, populasi 408 guru, sampel 202 guru, teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin pada taraf kesalahan 5%, teknik pengumpulan data kuesioner ”skala likert” dan teknik pengolahan data analasis jalur. Temuan penelitian secara parsial diperoleh pengaruh langsung (1) kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sebesar 0,147; (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,142; (3) kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja sebesar 0,128; (4) motivasi kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 0,134; (5) kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,470. Temuan penelitian secara simultan kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja secara bersama sama terhadap kinerja guru sebesar 0,52 sedangkan sisanya 0,48 ditentukan oleh faktor lain

Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, kinerja, guru Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.

Herman Zaini. 2015. Kompetensi Guru PAI. Palembang. Noer Fikri.

Imam, Wahyudi. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Professional. Jakarta. Prestasi.

Lexy J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

M. Risal Bikri. 2020. Strategi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin. Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

M. Sobry Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Prospect.

Margono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Moh. Uzer Usman. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Muh Arif Dalrohman. 2016. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru SMA/MA di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta. Tesis, Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Muhammad Idrus. 2010. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Ke-2. Jakarta. Erlangga.

Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Elgasindo.

Oemar Hamalik. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Olivia. 2012. Total Quality Management in Edukation (Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Panji Alam Muhamad Ikbal. 2017. Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru (Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut). Tesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ridwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung. Rineka Cipta.

Saiful Sagala. 2009. Kemampuan Propesional Guru. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suharismi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Sulistyorini. 2006. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya. Elkaf.

Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.

UU RI No. 14 Tahun 2005 Bab ll Pasal 2 Ayat (1).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i3.18130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License