Uji Kevalidan Power Point Interaktif untuk Identifikasi Amfibi
Abstract
Pada pembelajaran biologi materi animalia, khususnya pada praktikum amfibi, digunakan kunci identifikasi dikotom yang masih sulit dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media power point interaktif dengan bantuan hyperlink yang valid untuk mempermudah siswa dalam praktikum identifikasi amfibi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli dengan menggunakan angket validasi. Hasil validasi menunjukkan media power point interaktif untuk identifikasi amfibi ini mendapatkan nilai kevalidan pada aspek materi sebesar 89% (Sangat Valid), aspek media sebesar 96% (Sangat Valid) dan aspek bahasa sebesar 97% (Sangat Valid). Dapat disimpulkan media power point interaktif sangat valid untuk digunakan pada identifikasi amfibi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T. Iskandar, Djoko. (1998). Amfibi Jawa dan Bali.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
J. Tyler, Michael, Margaret Davies & Graeme F. Watson. (2008). Amfibi Of Australia
Desta, Pramesti Putu, I Ketut Dibia, Putu Rahayu Ujianti. (2021). Pengembangan Media Interaktif Dengan Power Point.
Ferrian Dwi Prasetyo, Antonius, Suhandi Astuti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “ORMAS” (Organ Tubuh Manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di sekolah dasar.
Turrahmi, Nisah dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point Pada Materi Objek IPA Dan Pengamatannya Untuk SMP Kelas VII.
Marfuah, Siti dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Power Point Disertai Visual Basic For Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X.
Purnamasari, Nurna L. (2017). Metode ADDIE Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK.
Arofah Hari Cahyadi, Rahmat. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model.
Wahyuni, Sri. (2014). Metode Bermain Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.
Kusuma, G. (2020). Aplikasi Komputer Dalam Bisnis (Microsoft Exel dan Microsoft Power Point). Malang : Ahlimedia Press. Ahlimedia Press.
Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3), 181.
Rohmawati, Dessy M., Budiono, J. Djoko dan P, Rinie Pratiwi. 2012. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012 – ISBN : 978-979-028-550-7 : Pengembangan Media Slide Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Gerak pada Tumbuhaan untuk SMP Kelas VIII.
Suhermin. (2014). Profil Media Slide Interaktif Berbasis MS Power Point Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII. 3(1), 1.
Raras, K. L. H. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD SN Batusari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Skripsi. Salatiga : FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.
Indriani, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta : Penerbit Diva press Anggota IKAPI.
Adam Steffi & Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. 3 (2) : 79.
Endang, Mulyatiningsih. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Jurnal Academia. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Falahudin, Iwan. (2014). “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1) : 104-117.
Hizair, MA. (2013). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta : Tamer.
Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kustandi, Cecep & Bambang Sujipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Refika Aditama.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasi dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1) : 28.
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Purwono. Joni, Sri Yutmini, & Sri Anitah. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2) : 27.
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.18592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License