Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Al Jam’iyatul Washliyah Stabat

Muhammad Hamidi, Hemawati Hemawati

Abstract


Fenomena kenakalan siswa yang semakin marak, seperti: membolos sekolah, kebutan, penyalahgunaan narkoba, perilaku seksual pranikah, perkelahian dan lainnya. Siswa  MAS Al Jam’Iyatul Washliyah, terindikasi kenakalan seperti: bolos sekolah, berkeliaran di jalanan sambil berboncengan mengendarai sepeda motor saling mengejek Untuk mengatasi kenakalan-kenakalan yang terjadi, tentunya pihak sekolah tidak tinggal diam, salah satunya dengan melibatkan peran guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kenakalan yang diperbuat siswa di MAS Al jam’iyatul Washliyah, faktor yang melatarbelakangi mereka berbuat kenakalan dan upaya apa yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa di MAS Al jam’iyatul Washliyah. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan siswa di Mas Al jam’iyatul Washliyah Stabat adalah Merokok, membolos, melanggar peraturan madrasah, mengejek orang lain dan tidak tertib dalam mengikuti kegiatan/program madrasah. Kenakalan-kenakalan ini masih tergolong dalam kenakalan dalam level ringan. Faktor penyebab kenakalan adalah: Faktor pergaulan dan pengaruh lingkungan masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa di MAS Al Jam’iyatul Washliyah Stabat adalah dengan 3 (tiga cara) yakni tindakan preventif, kuratif dan represif. Tindakan preventif yang dilakukan dengan sosialisasi peraturan dan kode etik belajar di dalam kelas maupun diluar kelas, melakukan pembinaan, dengan memberikan arahan dan nasehat pada saat kegiatan belajar berlangsung, serta memberikan program /kegiatan ekstrakurikuler yang positif. Upaya tindakan kuratif dengan berkoordinasi dengan Kepala Madrasah dan orangtua siswa. Guru Akidah Akhlak menyampaikan kenakalan yang dilakukan siswa kepada kepala madrasah, dan meminta arahan dan tindakan yang akan dilakukan, berkoordinasi dan bekerjasama dengan orangtua siswa dalam membina dan memberikan pengawasan siswa di rumah dan di madrasah. Tindakan represif yang dilakukan guru Akidah Akhlak dilakukan dengan memanggil siswa yang terindikasi nakal secara rahasia untuk diberikan nasehat dan teguran secara lisan, selanjutnya apabila tidak jera, maka guru Akidah Akhlak akan membuat laporan kepada kepala MAS Al Jam’iyatul Washliyah Stabat dan diberikan tanggung jawan pihak madrasah terkait penyelesaian kepada siswa yang nakal.

Keywords


Upaya; Guru akidah Akhlak; mengatasi; Kenakalan; siswa

Full Text:

PDF

References


Ayuni, Famela. Dafit, F. (2023). Peran Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa SDN 83 Pekanbaru. Didaktik, 09(c), 1250–1257.

Bedasari, Hafzana,. Djaiz, M. (2018). Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Kenakalan Remaja Oleh Aparat Polsek Karimun Kabupaten Karimun. Menara Ilmu, XII(80), 71–77.

Daradjat, Z. (1974). Problema Remaja di Indonesia. Bulan Bintang.

Daradjat, Z. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Elfemi, Nilda, Yuhelna, Isnaini, Erningsih, S. (2022). Sosialisasi Penanggulangan Kenakalan Remaja : Upaya Preventif pada Remaja Awal. JPIn: Jurnal Pendidikan Indonesia, 05(02), 1–7.

Enembe, Wekiles. Lesawengan, Lisbeth. Mumu, R. (2018). Peran Pemerintah dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Desa Kabori Distrik Kembu Kabupaten Tolikara. Holistik, XI(21), 1–16.

Gunarsa, S. D. (1985). Psikologi Remaja. Gunung Mulia.

Hartono, R. (2017). Upaya sekolah dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 35 Bengkulu Utara Kabupaten Bengkulu Utara. An-Nizom, 2(3), 529–537.

Isjoni. (2009). Guru Sebagai Motivator Perubahan. Pustaka Pelajar.

Kartono, K. (2006). Patalogi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Raja Grafindo Persada.

Latif, S. A. (n.d.). UPAYA TEORITIS PENANGGULANGAN KENAKALAN ANAK (JUVENILE DELIQUENCY) Dr. Syahrul Akmal Latif, M.Si. & M.Zulherawan, S.Sos, M.Soc.Sc. 36–55.

Marlinda. Nurwahidin, M. S. M. H. R. (2023). Menanggulangi Kenakalan Remaja Melalui Pembelajaran Enterpneurship Pada Peserta Didik Abadn21 Se-Tingkat SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 451–461.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musyarif, A. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja. Al Ma’Arif, 4(2), 86–91.

Nono, Fianti. Sintasari, B. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Mengatsi Kenakalan Remaja Di SMK Al Kautsar Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(3), 225–243.

Nurdiana, Wati, E. (2022). UPAYA GURU PPKN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI DALAM KELAS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5. Jurnal Sains Riset (JSR), 12(April), 154–163.

Nursyam, Ariani. Said Ahmad, M. R. (2019). Upaya Guru dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMAS Muhammadiyah Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 6(1), 25–30.

Pinastika, F. D. P. (2016). KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK. Kebijakan Pendidikan, V(3), 241–256.

Simatupang, N. (2023). Peran Masyarakat Dalam Pencegahan Kenakalan Remaja. SANKS: Seminar Nasional Hukum, Sosial Dan Ekonomi, 2(1), 32–39.

Sudarman, M. (2013). Profesi Guru. Raja Grafindo Persada.

Supriadi. (2019). PERAN PENDIDIK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA-SISWI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sosiatri-Spsiologi, 7(4), 76–86.

Suwarni. (2018). Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja Melalui Tindakan Preventif, Represif dan Kuratif. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(4), 412–423.

Usman, U. (2008). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Wenefrida. Bahari, Yohanes. Ibrahim, Y. (n.d.). Penanggulangan Kenakalan Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Bhineka Tunggal Ika Pontianak.

Willis, S. S. (2010). Remaja & Masalahnya. Alfabeta.

Yaqin, M. A. (2016). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA ( Studi Kasus MTs Hasanah Surabaya ) Muchammad Ainul Yaqin ( MTs Hasanah Surabaya ) Abstract : JPAI, 293–314.

Yunus, M. (1988). Islam dan Problema-problema Kemasyarakatan. Bulan Bintang




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.18702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License