Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Kualitas Hafalan Doa Harian Dan Surah-Surah Pendek Pada Siswa Kelas 2 Di MDTA Assabiiyah Karawang

Lukman Agung, M. Makbul

Abstract


Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni pembelajaran metode pembiasaan dan kualitas hafalan sehingga dengan demikian tujuan penelitian ini untuk menguraikan gambaran penerapan metode pembiasaan, kualitas hafalan siswa, serta pengaruh keduanya dalam hubungan korelasional. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini yakni penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, metode ini dipilih untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel penelitian. Data terkait dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi, yang disusun dengan menggunakan skala likert, teknik analisis data menggunakan analisis dektifptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata Penggunaan Metode Pembiasaan siswa berada pada kategori sedang, dan Kualitas Hafalan Doa Harian dan Surah-surah Pendek berada pada kategori sedang pula. Berdasarkan output SPSS pada tabel Coefficientsa diketahui nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada pengaruh metode pembiasaan (X) terhadap kualitas hafalan doa harian dan surah-surah pendek (Y).” Dari hasil analisis diketahui nilai R Square= 0,287, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode pembiasaan  (X) terhadap kualitas hafalan doa harian dan surah-surah pendek (Y) sebesar 28,7% sedangkan 71,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi variabel dari penelitian ini.


Keywords


Mode Pembiasaan; Kualitas Hafalan; Doa Harian dan Surah-surah Pendek

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. In N. Saputra (Ed.), PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Achmad Warson Munawwir. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif. Hlm. 279.

Akhita Fajarwati, Ismy. 2020. PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI TAMAN KANAK KANAK DHARMA WANITA KORPRI BANDAR LAMPUNG. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung

Al-Hafidz, Ahsin W. 2006. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. (Jakarta: Bumi Aksara), h. 63-66

Altayeb. 2014. Implementing Total Quality Management (TQM) in the Palestinian Construction Industry. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Press:.Jakarta.

Ayuningrum, Desi. 2018. Peningkatan Kemampuan Hafalan Bacaan Shalat Anak Usia 6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Islam Volume 1 No. 02 2018, p. 172-187.

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bambang Samsul Arifin, Rusdian. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. (Bandung: CV Pustaka Setia),175-176

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta, Pusat Bahasa.

Eko Nopriadi. 2016. Penerapan Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Siswa Sd Negeri 38 Jana-Jannayya Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pada Vakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makasar. ,h.15-16

Farhana, Husna, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. IC PUBLISHER. Hlm.

Fikriyyah. 2021. METODE PEMBIASAAN MELAFALKAN SURAT PENDEK KELOMPOK A DI TK WAHID HASYIM KOTA MALANG. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi.

Hopkins, David. 2014. A Teacher Guide to Classroom Research. New York; Open University Press

Kemendikbud. 2011. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta, hlm. 156

Mahbub Junaidi Al Hafidz. 2006. Menghafal Al-Qur’an itu Mudah. (Lamongan: CV Angkasa Solo), h. 145

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. (Jakarta: PT bumi aksara). hlm.78

Moh. Amin dkk. 2006. Modul Qur’an Hadis. (Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam), h. 243

M. Arief hakim. 2004. Do’a-do’a Terpilih : Munajat Hamba Allah dalam Suka Duka, Marja’. Bandung, hlm. 18

Muhibbin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakary. hlm. 132

Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. (Jakarta: PT Bumi Aksara),166-169

Nur Hidayat. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui pembiasaan Di Pondok Pesantren Pabelan. JPSD: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 12 Maret

Oemar Hamalik. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung, Tarsito. hlm. 115

Purwa Atmaja Prawira. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. (Yogyakarta, Ar-Ruzz Media), hlm. 319

Ramayulis. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Kalam Mulia. Jakarta. hlm.

Sapendi. 2015. Jurnal Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini, IAIN Pontianak : At-Turats, h. 27

Siti Aisyah. 2015. Implementasi Metode Pembiasaan Guna Menumbuhkan Karakter Religious Siswa Dalam Pembelajaran Akhlak Di Smp Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. Naskah Artikel Publikasi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, h.5

The Liang Gie. 2005. Cara Belajar yang baik. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press), h. 64-66

Umniyah, Izzatul. 2018. Strategi Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Bagi Mahasiswa. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hlm. 37-45.

Wiwi Alawiyah Wahid. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press. hlm. 141




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.19590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License