Representasi Citra Maskulinitas dalam Bunga Rampai Cerita Rakyat Nusantara karya Ismadi dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Teks Hikayat di Kelas X SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifah, H. N., Ramadhan, M. G., Septiana, E., Hanifah, N., Azzahra, W. D., & Kanzunnudin, M. (2023). “Nilai Religius Dan Nilai Moral Pada Cerita Rakyat Bulusan Di Kabupaten Kudus.” Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 203-210.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahari, F., Effendy, C., & Wartiningsih, A. (2019). Struktur aktansial dan fungsi cerita rakyatdalam Tradisi Barere’an Suku Dayak Ruuk Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1–8.
Beynon, John. (2002). Masculinities and Culture. Marston Book: Great Britain.
Chafetz, J. S. (2006). Sociology of Gender. Houston: Springer Science+Business Media, LLC
Djamaris, E. (1993). Menggali Khasanah Sastra Melayu Klasik. Jakarta: Balai Pustaka.
Endraswara, S. (2013). Foklor Nusantara. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hall, S. (1997). Representation. Thousand Oaks: SAGE Publications Inc.
Hall, S. 1997. Representation. Thousand Oaks: SAGE Publications Inc.
Haryanti, P., & Suryanto, E. (2023). “Representasi Maskulinitas Pangeran Sambernyawa dalam Cerita Rakyat Kabupaten Karanganyar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 1, No. 1.
Huda, M. (2017). “Legenda Candi Prambanan dan Gunung Kerinci.” Kajian Sastra Maskulin, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-5.
Inda, D. N. (2020). “Representasi Maskulinitas Gemalaq Kemisiq dalam Komik Gemalaq Kemisiq.” Tuah Talino Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 11-22.
Ismadi. (2018). Bunga Rampai Cerita Rakyat Nusantara.Yogyakarta: Briliant Books.
Kadaryati, Purwanto, J., & Setyorini, N. (2017) “Maskulinitas Cerpen Penembak Misterius karya Seno Gumira Ajidarma.” Prosiding PIBSI XXXIX. Hal 770-780.
Marshiam, L., Amin, A., & Muhrian, L. (2023). “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Majalengka.” Prosiding Seminar Rumpun Ilmu Bahasa dan Seni (SERIMBI) Vol. 1.
Mashudi, A., Toyib, M. E. (2017). “Konstruksi Maskulinitas dalam Cerita Rakyat Jawa”. Jurnal EGALITA: Jurnal Kesastraan dan Keadilan Gender Vol. 12 No. 2
Mayhead, R. (1974). Understanding Literature. London: Cambridge University.
Merdeka, P. (2013). “Representation of Masculinity in Twilight Film.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 78-82.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Purwanti, M. (2018). “Representasi Maskulinitas dalam Cerita Rakyat Jambi Bukit Perak.” Journal of Language and Literature. 6 (1): 18-28.
Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Design research sebagai pendekatan desain pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.
Ramadhani dan Suratnoaji. (2021). “Representasi Maskulinitas Tokoh Utama dalam Film Persahabatan Bagai Kepompong 2021.” Jurnal Nomosleca. 7 (1): 160-173.
Sari, W. P., Effendy, C., & Wartiningsih, A. (2019). “Maskulinitas Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerita Pendek Nadira karya Laeila S, Chudori.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 8(2).
Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Molyo, P. D. (2021). “Selective Exposure Media Sosial Pada Ibu dan Perilaku Anti Sosial Anak.” Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 1–11.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Teuww, A. (2015). Sastra dan& Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i3.20230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License