Representasi Citra Maskulinitas dalam Bunga Rampai Cerita Rakyat Nusantara karya Ismadi dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Teks Hikayat di Kelas X SMA

Joko Purwanto, Khabib Sholeh, Umni Khonifa, Umi Faizah, Basuki Basuki

Abstract


Banyak warisan yang telah ditinggalkan oleh nenek moyang masyarakat Indonesia yang sampai saat ini masih tetap Lestari. Satu di antaranya adalah cerita rakyat. Melalui cerita rakyat disampaikanlah sekian banyak filosofi dan pembelajaran mengenai kehidupan. Mulai dari bagaimana saling menghargai antarsesama, bagaimana menjaga alam sekitar, dan bagaimana cara memposisikan diri, bersikap dan bertindak sebagai seorang pribadi, termasuk sebagai sosok laki-laki. Oleh sebab itulah, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) representasi citra maskulinitas dalam Bunga Rampai Cerita Rakyat Nusantara karya Ismadi, (2) relevansi citra maskulinitas dalam Bunga Rampai Cerita Rakyat Nusantara karya Ismadi sebagai bahan ajar teks hikayat di kelas X SMA. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teori representasi Suart Hall menjadi landasan teori penelitian yang didukung oleh tujuh konsep maskulinitas yang dicetuskan oleh Janet Saltzman Chafetz. Data penelitian berupa kutipan-kutipan pada buku Bunga Rampai Cerita Rakyat Nusantara karya Ismadi yang memuat bentuk atau wujud maskulinitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik yang digunakan untuk menyajikan hasil analisis data adalah dengan metode informal. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan enam dari tujuh konsep maskulinitas Chafetz yang ditemukan dalam objek penelitian yang berupa: (1) penampilan fisik: diwujudkan dalam fisik yang gagah, tampan, tangguh, serta bertubuh tinggi dan tegap; (2) fungsional: diwujudkan dalam posisi laki-laki sebagai pencari nafkah dan tulang punggung keluarga; (3) emosional: berupa pengendalian ekspresi dan sikap tabah, (4) intelektual: berupa pemikiran logis, cerdas, dan rasional, (5) interpersonal: berupa tanggungjawab dan kepemimpinan, serta (6) karakter personal lainnya: berupa berjiwa petualang, ambisius, tidak mau mengalah, dan pelindung. Sementara itu, terkait relevansinya sebagai bahan ajar didapatkan tiga bentuk relevansi, yakni: (1) relevansi kontekstual, (2) relevansi konstruktivisme, dan (3) relevansi kepribadian.

Keywords


Cerita Rakyat; Maskulinitas; Bahan Ajar; Relevansi; Janet Saltzman Chafetz

Full Text:

PDF

References


Alifah, H. N., Ramadhan, M. G., Septiana, E., Hanifah, N., Azzahra, W. D., & Kanzunnudin, M. (2023). “Nilai Religius Dan Nilai Moral Pada Cerita Rakyat Bulusan Di Kabupaten Kudus.” Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 203-210.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahari, F., Effendy, C., & Wartiningsih, A. (2019). Struktur aktansial dan fungsi cerita rakyatdalam Tradisi Barere’an Suku Dayak Ruuk Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1–8.

Beynon, John. (2002). Masculinities and Culture. Marston Book: Great Britain.

Chafetz, J. S. (2006). Sociology of Gender. Houston: Springer Science+Business Media, LLC

Djamaris, E. (1993). Menggali Khasanah Sastra Melayu Klasik. Jakarta: Balai Pustaka.

Endraswara, S. (2013). Foklor Nusantara. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hall, S. (1997). Representation. Thousand Oaks: SAGE Publications Inc.

Hall, S. 1997. Representation. Thousand Oaks: SAGE Publications Inc.

Haryanti, P., & Suryanto, E. (2023). “Representasi Maskulinitas Pangeran Sambernyawa dalam Cerita Rakyat Kabupaten Karanganyar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 1, No. 1.

Huda, M. (2017). “Legenda Candi Prambanan dan Gunung Kerinci.” Kajian Sastra Maskulin, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-5.

Inda, D. N. (2020). “Representasi Maskulinitas Gemalaq Kemisiq dalam Komik Gemalaq Kemisiq.” Tuah Talino Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 11-22.

Ismadi. (2018). Bunga Rampai Cerita Rakyat Nusantara.Yogyakarta: Briliant Books.

Kadaryati, Purwanto, J., & Setyorini, N. (2017) “Maskulinitas Cerpen Penembak Misterius karya Seno Gumira Ajidarma.” Prosiding PIBSI XXXIX. Hal 770-780.

Marshiam, L., Amin, A., & Muhrian, L. (2023). “Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Majalengka.” Prosiding Seminar Rumpun Ilmu Bahasa dan Seni (SERIMBI) Vol. 1.

Mashudi, A., Toyib, M. E. (2017). “Konstruksi Maskulinitas dalam Cerita Rakyat Jawa”. Jurnal EGALITA: Jurnal Kesastraan dan Keadilan Gender Vol. 12 No. 2

Mayhead, R. (1974). Understanding Literature. London: Cambridge University.

Merdeka, P. (2013). “Representation of Masculinity in Twilight Film.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 78-82.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Purwanti, M. (2018). “Representasi Maskulinitas dalam Cerita Rakyat Jambi Bukit Perak.” Journal of Language and Literature. 6 (1): 18-28.

Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Design research sebagai pendekatan desain pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.

Ramadhani dan Suratnoaji. (2021). “Representasi Maskulinitas Tokoh Utama dalam Film Persahabatan Bagai Kepompong 2021.” Jurnal Nomosleca. 7 (1): 160-173.

Sari, W. P., Effendy, C., & Wartiningsih, A. (2019). “Maskulinitas Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerita Pendek Nadira karya Laeila S, Chudori.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 8(2).

Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Molyo, P. D. (2021). “Selective Exposure Media Sosial Pada Ibu dan Perilaku Anti Sosial Anak.” Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 1–11.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Teuww, A. (2015). Sastra dan& Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i3.20230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License