Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning (SDL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Fianey Rifelia Sarahono, Asali Lase, Bezisokhi Laoli, Eka Septianti Laoli

Abstract


Metode pembelajaran konvesional sering kali membuat siswa bosan, mengantuk, dan pasif, yang berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Self Directed Learning dipilih sebagai strategi untuk mengatasi masalah ini karena belum pernah digunakan sebelumnya disekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang terdiri dari dua siklus, dengan variabel adalah model pembelajaran Self Directed Learning dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli semester 2, tahun pelajaran 2023/2024, dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Self Directed Learning berhasil meningkatakan hasil belajar siswa secara signifikan. Rata-rata hasil observasi untuk guru meningkat menjadi 91,25%. Hasil belajar siswa mencapai rata-rata rata-rata 80,12%, Tergolong kategori sangat baik dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Dan hal ini mencapai target yang ditetapkan adalah 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Self Directed Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli pada mata pelajaran IPS Terpadu.


Keywords


Self Directed Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.

Gulo, S. A., Telaumbanua, W. A., Lase, A., & Laoli, E. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi Tahun Pelajaran 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 1758–1769.

Haka, N. B., & Sari, D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Directed Learning Peserta Didik Biologi Kelas X SMA. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 388–406.

KHOTIMAH, N. U. R. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SDL (SELF DIRECTED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 370–383.

Mahardika, A., & Afriyanti, R. (2023). Self Directed Learning Pada Modul Ajar Didesain Oleh Guru Penggerak. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 378–383.

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2022). Penerapan Model Self-Directed Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Cahaya Pengharapan Abadi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1942–1951.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Puspita, H., Firdaus, F. M., & Kawuryan, S. P. (2024). Self-Directed Learning Model Based on Local Wisdom Values on Student Learning Outcomes. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 5(1), 22–28.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rubiyatin, U. F. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media rekaman suara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1), 88–99.

Simanungkalit, A. N., & Sitohang, T. (2024). Pengaruh Model Self-Directed Learning (SDL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA Swasta Abdi Negara Binjai. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(2), 514–523.

Sugerman, S., Hasan, H., & Mawardi, A. (2022). Pengaruh Model Self-Directed Learning di Era Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMAN 1 Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 151–159.

Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wahyudi, R., Anori, S., Hidayat, H., & Irfan, D. (2024). Correlational Analysis of Self-Directed Learning Model on Motivation and Creativity in Electronics Education at SMK Negeri 1 Batipuh. Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning (J-HyTEL), 2(3), 229–244.

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140.

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24.

Yudho, F. H. P., Fauziah, S., Yuliandra, R., Nasution, N. S., & Aryanti, N. E. (2022). PENGARUH GAYA MENGAJAR STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION DAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP CAPAIAN BELAJAR MATERI ROLL DEPAN: The Influence of Student Achievement Division and Self Directed Learning Teaching Style on The Learning Achievements of Forward Roll. Satya Widya, 38(2), 125–134.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.20962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License