Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII di UPTD Smp Negeri 2 Gunungsitoli Utara

Katarius Irfan Rahmat Waruwu, Hosianna R. Damanik, Justin F. Lase, Famahato Lase

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda tugas akademik yang tidak perlu dilakukan, padahal individu sadar bahwa menunda tugas tersebut dapat berdampak buruk bagi dirinya. Prokrastinasi akademik dapat memberikan dampak negatif terhadap prestasi akademik siswa, seperti perasaan frustasi, meningkatnya stres, marah, bersalah, penundaan akademik, hilangnya kesempatan berprestasi dan menurunnya nilai, serta meningkatnya kemungkinan gagal, kriteria-kriteria tersebut dapat mempengaruhi akademiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa. Pendekatan penelitian kuantitatif yang hendak digunakan dalam penelitian ini ialah analisis korelatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, dan observasi di kelas. Lokasi penelitian dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Sampel penelitian menggunakan kelas VIII. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi dipakai untuk melihat hubungan satu arah antar variabel yang lebih khusus, dimana variabel x berfungsi sebagai variable independen yang mempengaruhi dan variabel y sebagai variabel dependen yang dipengaruhi. Berdasarkan hasil yang didapati nilai t hitung yaitu 23.848 sedangkan nilai t tabel ialah 1.696 maka dinyatakan secara t hitung dan t tabel Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh ialah 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak untuk pengujian kedua variabel. Sehingga dapat diambil kesimpulan diatas bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikansi antara variabel efikasi diri (X) dengan variabel perilaku prokrastinasi (Y) kelas VIII UPTD SMP 2 Gunungsitoli Utara.

Keywords


Efikasi Diri; Proskrastinasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Akinsola, Tella & Tella. (2007). Correlates Of Academic Procrastination andMathematics Achievement Of University Undergraduate Student. EurasiaJurnal Of Mathematics, Science & Technology Education. Hlm. 70-100.

Anjeliza, R. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Psikologi Universitas Sumatera Utara, 3(1), 10-18.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arnan, M. F., Khairani, L., & Muharlina, E. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Psikologi Islami, 10(1), 1-14.

Asrof, M. (2012). Metodologi penelitian kuantitatif. Pustaka Setia.

Ayu Candra. (2010). Prokrastinasi Akademik: Faktor-Faktor Penyebab dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Psikologi Universitas Sebelas Maret, 1(1), 24-34.

Bañez-Coronel, C., Piqueras-Rodríguez, J. A., & Martínez-Monteagudo, J. C. (2018). Academic procrastination and its relationship with self-regulated learning strategies in university students. Frontiers in Psychology, 9, 1122.

Burka, J. B., & Yuen, L. D. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do about it. Da Capo Press.

Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed.). Sage Publications.

Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

DeVellis, R. F. (2016). Scale development: Theory and applications (4th ed.). Sage Publications.

Dinata, D. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Jurnal Psikologi Universitas Brawijaya, 3(1), 1-10.

Dwi Irmawati. (2009). Prokrastinasi Akademik: Faktor Penyebab dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 29-38.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2006). How to design and evaluate research in education (6th ed.). McGraw-Hill.

Ghufron, M. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Psikologi Al-Azhar, 7(2), 137-152.

Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA (Fauziah & Pujiastuti, 2020)

Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA (Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 16, No. 1, 2019)

Ilham, A. (2010). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa MA Al-Hidayah Wajak Malang. Jurnal Psikologi Pendidikan, 3(2), 101-112.

Ips, I. N. W., Suartini, & Widhiastuti, D. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Self-Efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 13(2), 151-162.

Kemendikbudristek RI. (2021). Panduan Pengembangan Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek RI.

Kuswidyawati1, Setyandari. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Levine, D. M., Stephan, D., Krehbiel, T., & Frey, J. (2019). Elementary statistics. Pearson.

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2010). Research in education: Evidence-based inquiry (7th ed.). Pearson.

Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SMA (Jurnal Psikologi dan Pendidikan, Vol. 17, No. 1, 2020)

Prokrastinasi: Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda (2019) oleh Poppy Amalya

Psikologi Pembelajaran (Slavin, 2019)

Putri, A. S., & Susanti, D. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 223-234.

Rahmawati, L., & Fitriani, S. (2019). Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan Karakter dalam Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 226-240.

Santrock, J. W. (2007). Child development (11th ed.). McGraw-Hill.

Sirois, F. M. (2004). Procrastination. Guilford Press.

Styawan, H. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Sebelas Maret, 1(1), 1-12.

Sugiyono, E. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.rev.ed

V. Jakarta: Rineka Cita.

Widanarti, Y. (2002). Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Young, J. S. (2004). The procrastination workbook: Your guide to overcoming procrastination and getting things done. New Harbinger Publications.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i3.21070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License