Peningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas II SD Negeri 060857 melalui Model Problem-based Learning

Indah Maria Tioday Lumban Gaol, Mandra Saragih, Irayanti Masta Marito Silalahi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dalam penjumlahan dan pengurangan peserta didik kelas II UPT SDN 060857 dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes untuk mengukur pencapaian siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas II UPT SDN 060857. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil evaluasi peserta didik pada kegiatan prasiklus sebesar 44,23 poin dan persentasi peserta didik yang tuntas sebesar 58,97%. Terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata peserta didik sebesar 54,23 poin dan persentase sebesar 72,30%. Pada siklus II, rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 80,76 poin dan persentasenya sebesar 89,74%.


Keywords


Berhitung; PBL

Full Text:

PDF

References


Ahlia, K. S. A. W., & Naisyah, S. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD melalui Model Problem Based Learning. In Pinisi Journal PGSD. 4(1). 124-130.

Anggraini, L. N., Isrokatun, I., & Aeni, A. N. 2023. Development of grubi mathematics module to improve the ability to calculate the addition and subtraction of small numbers in grade 2 elementary students. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 157–172.

Atmojo, A. T. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Peserta Didik Kelas II SDN Peterongan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru. 1(2). 1902-1910.

Bate’e, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri 076081 Lewa-Lewa. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU), 1(2), 387-396.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal basicedu, 5(3), 1349-1355.

Hayati, M., Nurmawanti, I., & Makki, M. 2023. Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(4), 2036–2042.

Jannah, A. S., Rasidi, R., Rahmawati, P., & Winarni, K. 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika dalam Materi Pengurangan dengan Metode Problem Based Learning (PBL) melalui Media Kartu Angka di Kelas Ia SDN Percobaan 2 Depok. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 397-406.

Lestari, P., Setyawati, R. D., & Reffiane, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Peterongan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8589-8596.

Masitah, M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Problem Based Learning Siswa Kelas 1 SDN 3 Sakra Selatan Kecamatan Sakra Semester Ii Tahun Pelajaran 2020/2021. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 210-217.

Nafi’ah, N., Mariati, P., Khotimah, C., & Hidayati, N. 2024. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Evaluasi AI Quizizz Mode Paper pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Khadijah 3 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 191-198.

Ni’mah, P.S., Wakhyudin, H. & Setyaningsih, A. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru. 1(1). 2983-2989.

Ningsih, E. P. B., Silaban, P. J., & Silaban, L. 2024. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas II SD. Pinisi Journal PGSD. 2(2), 176–186.

Putri, S. A., Mukhlishina, I., & Sahara, I. F. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(3), 5776-5784.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v5i3.21191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License