Implementasi Model Pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN 4 Kupang

Gellbard Alberto Nono, Sudirman Sudirman, Sarlintje Robo

Abstract


Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kemampuan komunikasi peserta didik di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang, dengan populasi 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 tahapan siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpuan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti melalui II siklus di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang, diketahui bahwa prensentase kemampuan komunikasi awal siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 47,57%. Selanjutnya pada siklus I, presentase kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi 68,6% dan pada siklus II, presentase kemampuan komunikasi siswa meningkat lagi menjadi 82,9%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.

Keywords


Model Pembelajaran Problem Bassed Learning, Media Audiovisual, Kemampuan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Andini, D., Muliyani, N., & Supriyati, D. N. (2018) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2018.

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Fatimah, F. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalahmelalui Problem Based - Learning. JBI Database of Systematic Reviews and Implementation Reports, 14(5), 68–74. https://doi.org/10.11124/JBISRIR-2016-001623

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini, 5(2), 61. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 597–602.

Lubis, A. N., & Dewi, I. (2023). Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.A. 2022/2023. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 562–579. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2067

Muarif, M., Nazurty, & palmizal. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Latihan Passing dalam Permainan Futsal. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 10, 16–23. https://online-journal.unja.ac.id

Mustami, M. K. (2024). Pengembangan Teknologi Audio-Visual Untuk Pembelajaran Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 67–75.

Pantow, E. Y., Sitinjak, D. S., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Penerapan Metode Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Pada Topik Logaritma Di Sekolah Menengah Atas Kupang [the Application of the Think-Talk-Write Method To Improve the Mathematics Communication Skills of Grade. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 113. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.982

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Sunarsi, P. I., Ananda, R., Surya, Y. F., Rizal, M. S., & Aprinawati, I. (2023). Penerapan Strategi Small Group Discussion Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 555–568.

Wijayanto, P. W., & Mutia Qana’a. (2024). Pelatihan Public speaking Sebagai Sarana Komunikasi Efektif Bagi Siswa SMK Plus Al Aitaam Bandung. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.51214/00202404970000

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. 11(1), 92–105.

Yanuarto, W. N., Fahmi, Astuti, Wijayanti, & Tarjo, D. C. S. H. M. S. S. J. M. L. R. L. H. K. R. M. M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v6i1.21765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License