Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Materi Asam Basa di SMA

Nova Poloria Sihombing, Asrial Asrial, Asmiyunda Asmiyunda

Abstract


Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research and Develpoment (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal pada materi asam basa yang valid, layak dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari tahap analisis (analysis),  desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementastion) dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 12 Kota Jambi dengan subjek peneliian yaitu kelas XII Fase F-2. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara guru, angket validasi yaitu angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan secara konseptual terhadap media yang dikembangkan, angket penilaian guru dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil  penelitian yang diperoleh dari validasi ahli media sebesar 4,4 (sangat layak), ahli media sebesar 4,3 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,7 (sangat layak) dan respon peserta didik memiliki persentase sebesar 87,06 % (sangat baik). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal pada  materi asam basa sudah layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai media pembelajaran kimia.


Keywords


Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Asam Basa

Full Text:

PDF

References


Amalina, S. N., Muhlis, M., & Ramdani, A. (2024). Pengembangan E-Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2518–2524. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2846

Atika, M. D., & Latisma, L. (2022). Entalpi Pendidikan Kimia Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Padang Description of Student Chemistry Learning Difficulties in Acid Base Material Class XI IPA at SMAN 7 Padang.

Azizah, L., & Sofyan Alnashr, & M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. 2(1), 2962–746. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i1.340

Azizah, N., & Hendriyani, W. (2024). Implementasi Penggunaan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Inklusi di Indonesia. Jurnal Educatio, 10(02), 644–651.

Dewi, L. C., Madziatul Churiyah, Agung Winarno, Lulu Nurul Istanti, & Agus Siswanto. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dan Self-Regulated Learning melalui Media Pembelajaran Interaktif Genially . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2), 177–192.

Diputra, I. W. Y., & Sujana, I. W. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Subak Timbul Pada Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 173–185. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63353

Nur Amaliyah, Nisrochah Hayati, & Ria Kasanova. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Miftahus Sudur Campor Proppo. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 129–147. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i3.1352

Nurhalimah, N., Setiadi, R., & Nurul Hana, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone pada Materi Asam Basa Development of Smartphone-Based Learning Media on Acid-Base Material. Jurnal Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia , 10(1), 21–30.

Nurmalisa, Y., Sunyono Sunyono, Dwi Yulianti, & Risma Margaretha Sinaga. (2023). An Integrative Review: Application of Digital Learning Media to Developing Learning Styles Preference . International Journal of Information and Education Technology, 13(1), 187–194.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI KIMIA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK

Salamiyah, Astutik, T. P., & Ardian Wicaksono, dan T. (2023). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan STEAM pada Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1).

Sattriawan, A., Sutiarso, S., Rosidin, U., Magister Pendidikan Matematika, P., Lampung, U., Ir Sumantri Brojonegoro No, J., & Bandar Lampung, K. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERINTEGRASI SOFT SKILLS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Cendekia , 04(02), 950–963.

Siti Aisyah, Ayu Fitriya Ramadani, Anggita Eka Wulandari, & Choli Astutik. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1), 388–401. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1565

Verawati, N. N. S. P., & Wahyudi. (2024). Raising the Issue of Local Wisdom in Science Learning and Its Impact on Increasing Students’ Scientific Literacy. International Journal of Ethnoscience and Technology in Education (IJETE) , 1(1), 42–54.

Wardani, O. P., Pujiastuti, H., Studi, P., & Matematika, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. 06(02), 2160–2175.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v6i1.23883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License