Penggunaan Strategi Concept Cartoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris

Dwi Nur Faridah, Asih Rosnaningsih, Nuri Fitriyani

Abstract


Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design.Desain ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang mendapat perlakuan menggunakan Strategi Concept Cartoonsedangkan kelompok kontrol adalah kelompok pengendali yaitu kelas yang tidak mendapat perlakuan.Hasil wawancara diperkuat dengan hasil pretest atau uji pra-tindakan terhadap keterampilan berbicara (speaking). Data menunjukkan masih banyaknya siswa yang belum terampil, dilihat dari hasil belajar diskusi dalam kelompok banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam mengucapkan sebuah kalimat dengan menggunakan pronuonciation yang tepat.


Keywords


Pendidikan; Metode Belajar; Strategi Concept Cartoon; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Kadir. (2016). Statistika Terapan Konep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hartanto, D., Hidayat, N., & Sazali, H. (2019, January). The Leadership of Head of the Medan City Police Department in Strengthening Community Systems. In 1st Aceh Global Conference (AGC 2018). Atlantis Press.

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Hartanto, D. (2019). Kajian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kepolisian Resort Kota Besar Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2).

Sulasmi, E. (2020). The Development Strategy of Human Resources Management In Children's Social Welfare Institution (LKSA)(Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(1), 562-569.

Sulasmi, E. (2019). Evaluation of the Operational Assistance Management (Bop) Management Funding Program at the Bengkulu City Paud Institution. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Riadi, E. (2015). Metode Statistika Parametrik dan Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Doly, M., & Sari, E. T. (2019). The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan TP 2017/2018. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). Atlantis Press.

Asrar Aspia, A. D. (2014). Media Pembelajaran. Medan: Perdana Publisher.

Manurung, S. H., & Manurung, A. A. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S. N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Rosnaningsih, Asih dan Muttaqien, Nurul dan Puspita Retno Dayu. (2019). English for Children. Tangerang : Banguntapan Bantul DI Yogyakarta

Naylor, S. (2013). Teaching, Learning and assessment in Science using Concept Cartoons. Diakes pada 12 agustus 2018 dari https://www.researchgate.net?publication/234735301_Teaching_and_Learning_in_Science_Using_Concept_Cartoons

Ratminingsih, N.M. (2017). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok : Rajawali Press

Lestari , Arie Kharisma (2009). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV SDN Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Tegal : Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.3955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License