Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Make A Match

Saskia Apriliyani

Abstract


Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA. Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunkan metode Make a Match pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat beberapa hal yaitu Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Make a Match menunjukkan pada prestes sebelum melaksanakan tindakan, dari 30 orang dinyatakan tuntas sebesar 20 % dengan nilai rata rata 47,2. Perolehan hasil belajar pada siklus I dari 30 siswa terdapat 15 siswa dinyatakan tuntas atau sebesar 50 %, sedangkan 15 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 50 %, dengan nilai rata-rata 66,5. Sedangkan perolehan hasil belajar pada siklus II dari 30 siswa terdapat siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 76,7 %, sedangkan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase 23,3 %, dengan nulai rata-rata sebesar 76,4.

Kata Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Make a Match

Keywords


Hasil Belajar; Metode Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga

Hartanto, D., Hidayat, N., & Sazali, H. (2019, January). The Leadership of Head of the Medan City Police Department in Strengthening Community Systems. In 1st Aceh Global Conference (AGC 2018). Atlantis Press.

Hartanto, D. (2019). Kajian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kepolisian Resort Kota Besar Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2).

Sulasmi, E. (2020). The Development Strategy of Human Resources Management In Children's Social Welfare Institution (LKSA)(Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(1), 562-569.

Sulasmi, E. (2019). Evaluation of the Operational Assistance Management (Bop) Management Funding Program at the Bengkulu City Paud Institution. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Djamarah, Syaiful B. dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2013).Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pela

Kurniasih, I dan Berlin, S. (2015).Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Jogjakarta: Kata Pena

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAKEM. Jogjakarta. Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Tanjung, H.S & Nababan, S.A (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik, Vol. 1. No. 1, 2018

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan. Proceeding of ICMSE, 3(1), M-97.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License