Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar

Nurmala Sari

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik secara aktif agar dapat memiliki kemampuan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam mengembangkan ranah afektif, khususnya bagi anak usia Sekolah Dasar. Pendidikan karakter memiliki misi penting dalam menciptakan siswa yang tidak hanya pandai secara kognitif, namun juga berbudi pekerti yang luhur. Guru merupakan tenaga profesional yang memiliki tugas untuk mengajar, mendidik, melatih siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk menjalankan tugasnya sebagai pendidik , guru tidak hanya mentransfer ilmu saja, melainkan juga mendidik dalam arti lain membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik. Guru dapat mengembangkan materi berbasis kearifan lokal dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik yang diharapkan dapat mengembangkan karakter siswa seperti karakter kerjasama, toleransi dan sikap peduli. Siswa sepatutnya memiliki sifat yang arif dan bijak dalam memandang kearifan lokal yang dimiliki oleh daerahnya., sebagai bagian dari pengembangan pendidikan karakter sebagai bekal dalam hidup masyarakat. Sehingga manfaat kajian ini adalah (1) memberikan ide kreatif bagi guru untuk mengembangkan materi pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar yang berbasis kearifan lokal, (2) memmotivasi guru dan orangtua untuk mengarahkan siswa menjadi pribadi yang cerdas dan berbudaya, dan (3) memotivasi semua pihak untuk melestarikan kekayaan budaya yang ada di daerah setempat.

Kata Kunci: Pendidikan, kearifan lokal, sekolah dasar

Keywords


Pendidikan; Metode Belajar; Media Belajar; Hasil Belajar; Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Davidson, Matthew, et.al. 2007. Smart and Good Schools. Education Week November

Diambil pada Tanggal 22 Maret 2020 dari: http// www.edweek.org/ew/articles/2007.

Indrawati 2009. Model pembelajaran Terpadu di Sekolah dasar untuk Guru SD. Diambil pada

Tanggal 22 Maret 2020 dari www.p4kipa.org.

Llickona, Thomas.1991. Educating for Character-How our Schools Can Teach Respect and

Responsibility. New York: Bantams Books.

Lickona, Thomas.2008. Effective Character Education. Diambil pada Tanggal 23 Maret 2020

dari www.Cortland.-edu/character/articles/char_v.asp.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Doly, M., & Sari, E. T. (2019). The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan TP 2017/2018. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). Atlantis Press.

Asrar Aspia, A. D. (2014). Media Pembelajaran. Medan: Perdana Publisher.

Manurung, S. H., & Manurung, A. A. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Kuntoro, Sodiq A. 2012. konsep Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal seebagai dasar

Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan. Program Studi ilmu Pendikan program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Akbar, Sadun, dkk. 2015. Pendidikan Karakter Best Practice. Malang: Universitas Negeri

malang.

Amri, sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT

Prestasi Pustakarya.

Manullang, Belferik. 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal

Pendidikan Karakter, III (1), 1-14.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License