Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemic Covid 19

Ismail Hanif Batubara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar pengembangan silabus pembelajaran matematika mahasiswa melalui model pembelajaran guided discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang tidak memperoleh model pembelajaran guided discovery learning yang dilakukan dengan pembelajaran daring selama pandemic covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas prodi pendidikan matematika semester Lima yang berjumlah kurang lebih 74 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran guided discovery learning dan kelas control tidak diberi perlakuan pembelajaran guided discovery learning. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran guided discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar pada mahasiswa yang tidak diberi perlakuan (kelas kontrol).


Keywords


Guided Discovery Learning;Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Batubara, IH. 2017. Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. V(6). 97-104. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1368 Online Journal

_________. 2017. Improving Concept Understanding Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. Journal of Mathematics Education and Science. Vol (3) 47-54.,Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/219

_________. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. Journal of Mathematics Education and Science. Vol 4 (1) 51-58.,Retrieved https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/869

_________. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. Journal of Mathematics Education and Science. Vol 4 (2) 152-159.,Retrieved https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1291

_________. 2019. Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies. Vol 1 (2) 116-119.,Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs/article/view/1371

Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Hamalik, Oemar. ((2010). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Strategi Student Led Review Session dengan Metode Konvensional di SMP Muhammadiyah 57 Medan. FKIP UMSU.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.4948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License