Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Swasta Rahmat Islamiyah

Ida Fitri Nurasima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Swasta Rahmat Islamiah. Populasi yang di ambila dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Swasta Rahmat Islamiah sebanyak 144 siswa. Sampel ini di ambil dengan penentuan sampel secara acak (random sampling) dengan memeprtimbangkan bahwa tidak ada kelas yang di unggulkan dan sudah di uji homogennya. Pada penelitian ini kelas eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan di kelas kontrol adalah kelas VIII D dengan menggunakan model pembelajaran konvensiona. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan desain eksperimen kuasi dalam bentuk pretest-posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. setelah peneitian dilakukan maka di dapat rata-rata hasil belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas eksperimen sebesar 81,03 dan di kelas kontrol sebesar 74,23.Dari hasil analisis uji normalitas data post-test di kelas eksperimen menunjukkan Lhitung < L tabel (0,11000 < 0,1418 ) maka dapat disimpulkan bahwa data setelah pembelajaran tersebut berdistribusi normal pengujian homogenitas pada saat post-test dimana 1,38 < 1,72 dari hasil uji tersebut kelas dinyatakan homogeny. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh harga t hitung > t tabel yaitu 3,04 > 1,665 15 dengan taraf signifikasi 5% (= 0,05) maka Ho ditolak dan Haditerima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran value clarification technique memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP swasta Rahmat Islamiyah tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Pengaruh, Model PembelajaranValueClarification,Technique(VCT), Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


A. Akrim. (2020). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Talent Development and Excellence, 12(1), 322333.

Akrim, Akrim. (2020). Application of Learning Model Strategies to improve Islamic Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 11571166. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.956

Akrim, M. (2018). Media Learning in Digital Era. 231(Amca), 458460. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Akrim, Zainal, & Munawir. (2016). M-97 Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan. International Conference on Mathematics, 2016(Icmse).

Daulay, H. P. (2007). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Harfiani, R., & Akrim, A. (2020). Alternative of troubleshooting inclusive education in kindergarten. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25(Extra 6), 229239. https://doi.org/10.5281/zenodo.3987612

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2), 7881.

Nurzannah; Akrim; Yunus, M. D. (2017). AKIDAH AKHLAK. Medan: UMSU Press.

Paridah, A. (2020). Journal of Education and EFFORTS TO INCREASE CHILDRENS S COURAGE MOTIVATION FOR PERFORMANCE THROUGH ROLE PLAYING STRATEGIES IN RA AL-MUSLIHIN BINJAI. 1(1), 18.

Prasetia, I. A. E. S. (2019). Jurnal tarbiyah. 26(2), 294314.

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sardiman. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, N. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sulasmi, E. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek manajemen belajar siswa (studi pada siswa smp gajah mada medan). (1).

Sulasmi, E. (2020a). Evaluation of Coaching Students Based on Dormitory Curriculum in Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Bengkulu Tengah. 640646.

Sulasmi, E. (2020b). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 162. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Talent Development and Excellence, 12(1), 334342.

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Harun Nasution, Islam di Tinjau dari Beberapa Aspeknya, (Jakarta; UI Pres,1985.

Harun sitompul, dkk, (2017), Statistika Pendidikan Teori dan Cara Perhitungan, Medan :Perdana Publishing.

Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, (Bandung: Al Maarif, 1980

Husnel Anwar Matondang, Islam Faffah ,(cet 1 ;Medan: Perdana Publishing,2007

M Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta; Bumi aksara,1994

M.A.Tihami, Kamus Istilah-istilah Dalam Studi Keislaman Menurut Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantani , (Serang; Suhud Sentrautama,2003

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (cet 1;Bandung 1990:Remaja Rosdakarya)h 22

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan (Bandung:cet.3 2005:pt Remaja Rosdakarya)

RukaesihA. Maolani, Metodologi Penelitian Pendidikan( cet 1,Jakarta; Raja Grafindo Persada, Juni 2015

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (,cet vJakarta 2010 :pt Rineka Cipta),

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D; (cet 26, bandung Oktober 2017: Alfabeta)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualititatif , Kuantitatif dan R&D , (Bandung : Alfabeta, 2010),

Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai KarakerKonstrutivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif (cet 2 : Jakarta 2013;Raja Grapindo Persada) .




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License