Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Muhammadiyah 15 Medan

Cahaya Lisda

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apak ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk menegtahui bagaimana pengaruh student facilitator and explaining terhadap hasil belajar fikih siswa di Mts Muhamadiyah 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, metode eksperimen ini dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk menncari pengaruh ataupun perbedaan perlakuan tertentu terhadap suatu hal dalam kondisi yang terkendali. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas VIII MTs muhammadiyah 15 medan sebanyak 70 oarang siswa. Sedangkan sample yang diambil adalah sebanyak 50 siswa dari kelas VIII-1 dan VIII-2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran terhadap hasil belajar hal ini dapat dilihat dari korelasi product moment person dengan table nilai "r" pada taraf signifikan 5% maka diperoleh rxy = 0,478 lebih besar dari pada r table yaitu = 0,444. Maka dapat disimpulkan bahwa "terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar fikih siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan".

Kata Kunci : Model Pembelajaran student facilitator and explaining, Hasil Belajar, Fikih


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2, Jakarta : Bumi Aksara. 2012.

Akrim. Efforts To Incerease Childrens Courage Motivation For Performance Through Role Playing Strategies In Ra Al-Muslihin Binjai. Journal Of Education And Mathematical Science. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. No. 1. Volume. 1. 2020.

Agustina, I., Nasrudin, N., Putra, S., Akrim, A., & Maharani, D. The Effect of Moodle Implementation in English for Multimedia Classroom on Students Achievement in Reading and Writing.

A. Akrim. (2018). Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam. In Bildung. Yogjakarta: Bildung.

A. Akrim. (2020). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?

Agussani. (n.d.-a). Pembinaan Karakter Mahasiswa FISIP UMSU Melalui Pelatihan Soft Skill. 2020. Retrieved from file:///C:/Users/youhe/Downloads/kdoc_o_00042_01.pdf

Agussani. (n.d.-b). PROGRAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN.

Agussani. (2011). PENUNTASAN BUTA AKSARA LEWAT MODEL AIDDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN Oleh : 13(1).

Agussani. (2020a). Indonesian Women Entrepreneurs : A Review Literature. 7(4).

Agussani. (2020b). STUDENT OPINION REGRADING PRE-MARRIAGE CERTIFICATION POLICY Agussani Faculty of Social dan Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, JL. Kapten Mukhtar Basri No 3, Medan 20238, Indonesia. 8(5), 1525.

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Talent Development and Excellence, 12(1), 322333.

Akrim, Akrim. (2020). Application of Learning Model Strategies to improve Islamic Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 11571166. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.956

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily learning flow of inclusive education for early childhood. Utopia y Praxis Latinoamericana, 24(Extra6), 132141.

Akrim, Mr. (2018). Media Learning in Digital Era. 231(Amca), 458460. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127

Akrim, Nurzannah, & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Akrim, Zainal, & Munawir. (2016). M-97 Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan. International Conference on Mathematics, 2016(Icmse).

Dadang;, A. H., & Akrim, A. (2020). Social Welfare : Happy , Healthy , And Wealthy. (1925), 19251933.

Harfiani, R., & Akrim, A. (2020). Alternative of troubleshooting inclusive education in kindergarten. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25(Extra 6), 229239. https://doi.org/10.5281/zenodo.3987612

Hartanto, D., Hidayat, N., & Sazali, H. (2019). The Leadership of Head of the Medan City Police Department in Strengthening Community Systems. 292(Agc), 205209. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.32

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2), 7881.

Nurzannah; Akrim; Yunus, M. D. (2017). AKIDAH AKHLAK. Medan: UMSU Press.

Prasetia, I. A. E. S. (2019). Jurnal tarbiyah. 26(2), 294314.

Sulasmi, E. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek manajemen belajar siswa (studi pada siswa smp gajah mada medan). (1).

Sulasmi, E. (2020a). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 162. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulasmi, E. (2020b). The Development Strategy of Human Resources Management In Children s Social Welfare Institution ( LKSA ) ( Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu ). 562569.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Talent Development and Excellence, 12(1), 334342.

Eko SG27 Mencari Arti Kerangka Berfikir , didapat dari https://eko-sg.blogspot.com/2013/09/kerangka-berfikir.html?m=1 (Diakses 5 Maret 2020)

Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2016.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran , Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Huda, Miftahu . Cooperatif Learning, Yogyakarta, Pustaka Pelajar. 2014.

Iswoyo, Rahmat. Pengaruh Model Stusent Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan, Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2018.

Kartono, Kartini. 198. Kamus Psikologi.Jakarta: Pioneer Jaya.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Buku Siswa Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Agama. 2015.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitaif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: PT Grafindo Persada. 2010.

Muncarno. Statistik Pendidikan, Cet 5, Lampung: Artha Copy.Metro.2015.

Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, cet.6 , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2010.

Makmun , Abin Syamsuddin. Psikologi Kependidikan, Bandug: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2009.

Nana , Dian, Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing ( Tari Bambu) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa SDN 1 Cipedes, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Muhammadiyah Kuningan, Volume. II. No. 2. 2017.

Q.S Yusuf : 12 : 88

Q.S Al-Baqarah: 2 :177

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Sulasmi, E., Zakaria, Z., & Santoso, S. KAJIAN TERHADAP MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK (TK) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi UNIB).

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2005.

Suprijono, Agus. Model-Model Pembelajaran Mansipatoris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 , Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar,cet.12, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012.

Siswanto, Victorianus Aries. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian , Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif , Bandung, Alfabeta. 2018.

Syah, Muhibbin, Psikologi Penddikan dengan pendekatan Baru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), h. 116-118

Zhizhachus pengertian tes, didapat dari https:// zhizhachu. wordpress. com/ tag/ pengertian-tes/ (Diakses 19 Maret 2020).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License