Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Questioning Siswa Kelas VII MTS Laboratorium UIN-SU

Maya Indah Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan strategi questioning (5W+1H) melalui tiga tahapan yaitu sebelum membaca, ketika membaca, dan setelah membaca. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa mengemukakan isi bacaan secara lisan maupun tertulis karena siswa tidak memahami isi bacaan yang dibaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII MTs. Laboratorium UIN Sumatera Utara yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tahap pelaksanaan tindakan, guru menerapkan strategi questioning dengan tiga tahapan yakni tahap sebelum membaca, tahap ketika membaca, dan tahap setelah membaca. Pada tahap sebelum membaca, siswa diberikan judul teks dan mengisi lembar kerja yang berisi pertanyaan 5W+1H. Pada tahap ketika membaca, siswa diberikan teks dan siswa membaca teks kemudian siswa mengisi lembar kerja yang berisi pertanyaan 5W+1H. Pada tahap setelah membaca, tanpa melihat teks siswa mengisi lembar kerja yang berisi pertanyaan 5W+1H. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 59,04 dengan 10 siswa yang mencapai nilai KKM dan 16 siswa belum mencapai nilai KKM. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan yakni sebesar 76,44 dengan siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 19 siswa dan 7 siswa belum mencapai nilai KKM. Dari indikator keberhasilan PTK yang telah ditetapkan (70% dari siswa mencapai nilai KKM 75,00) sebanyak 76,07% siswa telah mencapai nilai KKM, sehingga disimpulkan strategi questioning (5W+1H) melalui tiga tahapan sebelum membaca, ketika membaca dan setelah membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan diharapkan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan strategi questioning untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Kata kunci:

Kemampuan Membaca Pemahaman

Strategi Questioning


Keywords


Kemampuan Membaca Pemahaman; Strategi Questioning Questioning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License