Upaya Meningkatkan Kemampuan Menelaah Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Dengan Pengaktifan Diskusi Googlemeet Di Kelas 9.6 Di Sekolah Smp Swasta Methodist Binjai

Puspa Rinda Silalahi

Abstract


Kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan adalah salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh siswa jenjang SMP. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah teks tanggapan siswa kelas IX Melalui pengaktifan diskusi kelompok melalui aplikasi googlemeet. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terdapat di kelas IX SMP Swasta Metodist Binjai yaitu kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks tanggapan masih rendah. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor rata-rata kelas hanya mencapai 56.

Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IX.6 SMP Swasta Methodist Binjai berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap , yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes keterampilan berpidato persuasi, penilaian dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaktifan diskusi kelompok melalui aplikasi googlemeet dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks tanggapan siswa kelas IX.6 SMP Swasta Methodist Binjai. Peningkatan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks tanggapan dapat dilihat dari peningkatan skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 56 dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 83. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II sebesar 27.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License