Peningkatan Kemampuan Menulis Berita Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Siswa Kelas VIII Smp Negeri 4 Lolofitu Moi Tahun Pembelajaran

Even Fransisca Waruwu

Abstract


ABSTRAK

Menulis berita adalah salah satu materi yang tercantum dalam standar isi sekolah menengah pertama, yang telah dijabarkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar. Standar kompetensi menulis kelas VIII adalah mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster. Standar kompeten si tersebut dikhususkan lagi dalam kompetensi dasar dalam bentuk menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas serta dijabarkan dalam indikator.Menulis berita berarti menulis kabar, pernyataan ini tentunya dilandasi pemikiran bahwa manusia adalah makhluk sosial dan lebih spesifik lagi makhluk komunikasi, secara naluriah, manusia selalu ingin menginformasikan kabar tertentu kepada orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis berita khususnya berita tentang lingkungan melalui strategi pembelajaran kreatif produktif di kelas VIII-ASMP Negeri4 Lolofitu Moi.Penerapan strategi pembelajaran kreatif produktif dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Lolofitu Moi ditunjukkan dengan adanya perubahan dalam proses pembelajaran yaitu kesiapan dan keaktifan pada saat proses pembelajaran, juga ditunjukkan adanya peningkatan nilai tes akhir dari masing-masing siklus dalam menulis berita.


Keywords


Peningkatan; Menulis Berita; Kreatif Produktif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License