Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX Smp Swasta Budi Utomo Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021

Indah Pradita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IX SMPS Budi Utomo Binjai. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terdapat di kelas IX SMPS Budi Utomo Binjai, yaitu kemampuan menulis cerita pendek siswa masih rendah. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor rata-rata kelas hanya mencapai 51,87. Dengan demikian, peneliti melakukan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk setiap siklusnya. Hasil rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes atau sebelum menggunakan media gambar yaitu 51,87. Hasil rata-rata siswa menulis cerita pendek pada siklus I setelah menggunakan media gambar yaitu 72,97. Peningkatan hasil menulis cerita pendek siswa dari pretes ke siklus I sebesar 21,1. Hasil menulis cerita pendek siswa pada siklus II setelah menggunakan media gambar nilai rata-ratanya 86,09. Peningkatan hasil menulis cerpen siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,12. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan media gambar telah berhasil meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX SMPS Budi Utomo Binjai.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License