Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot Dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas X Smk Swasta Al Mashum Kisaran Tahun Pelajaran 2020/2021

Yeni Agustina

Abstract


Penelitian ini berjudul meningkatkan kemampuan menganalisis struktur teks anekdot dengan menggunakan media video pembelajaran pada siswa kelas X SMK Swasta Al Mashum Kisaran Tahun Pelajaran 2020/2021. Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan yaitu : Bagaimana penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur teks ankedot.

Adapun hasil penelitian ini adalah : Kemampuan memahami struktur teks anekdot dapat ditingkatkan apabila diajarakan dengan menggunakan media video pembelajaran pada kelas X SMK Swasta Al Mashum Kisaran pada Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan waktu menyesuaikan jadwal yang telah ditentukaan yakni bulan oktober 2020 dan subjek yang diteliti adalah siswa kelas X.3 sebanyak 36 orang .

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh kesimpulan bahwa melalui penerapan pembelajaran dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Swasta Al Mashum Kisaran pada Tahun 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mendapat nilai ? 70 adalah 25 orang untuk siklus I dan untuk siklus II sebanyak 32 orang.


Keywords


teks anekdot;media video pembelajaran; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License