Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Peta Konsep Di Kelas XI SMA Swasta Hkbp Butar

Menak Simanungkalit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan peta konsep.Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terdapat di kelas XI SMA Swasta HKBP Butar, yaitu kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa masih rendah. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor rata-rata kelas hanya mencapai 41,66.

Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Butar berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap , yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes keterampilan menganalisis cerpen, penilaian dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Butar. Peningkatan keterampilan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan peta konsep dapat dilihat dari peningkatan skor rata rata siswa dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 53 dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I menjadi 68. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus I sebesar 15 dan setelah dilaksanakan siklus II rata rata naik menjadi 83


Keywords


Unsur intrinsik cerpen, Peta konsep, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License