Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

Rosdiana Saragih, Dian Novianti Sitompul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak tindakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X OTKP (Otomatisasi dan Komputerisasi Perkantoran) SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 1 dengan sampel berjumlah 45 orang siswa, dimana jumlah siswa dalam populasi secara keseluruhan menjadi sampel penelitian (Convenience Sampling). Instrumen yang digunakan yaitu Lembar Observasi dan Lembar Evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan komperatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Keaktifan peserta didik mengalami peningkatan, pada pra tindakan kelas keaktifan hanya 39%, pada siklus I keaktifan meningkat menjadi 72,39%, dan pada siklus II keaktifan meningkat lagi menjadi 82,36%. (2) Rata-rata hasil tes evaluasi belajar siklus I yaitu 82 dengan ketuntasan klasikal 79%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83 dengan ketuntasan klasikal 86%.

Keywords


Model pembelajaran; Aktivitas belajar; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Rusman, 2013, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar, 2011, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2013, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Thobroni dkk, 2011, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwoko, 2011, Pembelajaran Matematika SD. (Modul UT), Jakarta: Dekdikbud.

Mulyatiningsih, Endang, 2013, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Ningsih dkk, 2018, Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar SiswaSMP, Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, edisi 2 vol. 1 hal 34 -43, https://www.researchgate.net/publication/335071246_PENERAPAN_MODEL_PROBLEM_BASED_LEARNING_UNTUK_MENINGKATKAN_AKTIVITAS_DAN_HASIL_BELAJAR_SISWA_SMP, diakses tanggal 02 Pebruari 2021.

Fadly, Aditiya, 2012, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalaui Model Pembelajaran Problem Based Learning, Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Hal. 1 15, http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2012/08/JURNAL1.pdf, diakses tanggal 02 Pebruari 2021.

Purwanto, 2013, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability

Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.6533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License