Home Visit Sebagai Solusi Tepat Untuk Menyelamatkan Siswa Bermasalah

Ira Wati Sembiring

Abstract


Dilihat dari kompetensinya, guru di SDN Paya Gambar kurang maksimal dalam mengoperasikan komputer, mengenal IT, dan menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran online. Oleh karena itu, guru-guru tersebut sangat sulit mengimplementasikan pembelajaran dalam jaringan/online kepada anak didik.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi home visit yang dilakukan oleh guru sebagai solusi menyelamatkan siswa bermasalah pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian kali ini adalah Guru kelas SDN 101867 Paya Gambar yang berjumlah 6 Orang, Siswa bermasalah 60 orang, dan orang tua murid. Dalam pendekatan ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan wali murid yang kemudian dicatat sebagai dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru mengimplementasikan strategi home visit pada pembelajaran pada masa pandemi. Adapun tahapannya yakni: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap kegiatan lanjutan; dan 4) tahap monitoring dan evaluasi. Strategi home visit menjadi solusi bagi guru untuk menyelamatkan siswa bermasalah selama masa pandemi .

Kata Kunci: pembelajaran online ; home visit; siswa bermasalah.


Keywords


home visit

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.6988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License