Penerapan Model Pace Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Smp Nurul Hasanah

Mimi Maisyarah, Devi Afriyanti, Asrar Aspia Manurung

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui begaimana penggunaan model pembelajaran PACE dalam meningkatkan asil belajar matematika pada siswa SMP Nurul Hasanah T.P 2017/2018. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adala siswa kelas VII-3 yang berjumla 33 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini adala tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari tes belajar siswa pada pokok baasan aritmatika sosial menggunakan model PACE adalah diperoleh rata-rata tes awal adalah 63,78 sedangkan rata-rata tes siklus I adalah 68,93 dan rata-rata tes siklus II 79,84. Begitu juga dari data observasi menunjukkan peningkatan disetiap siklusnya. Pada observasi siklus I data menunjukkan rata-rata kelas sebesar 1,68 (cukup) dan pada observasi siklus II data menunjukkan rata-rata kelas sebesar 2,46 (baik). Dari data siswa diperoleh bahwa klas VII-3 mengalami peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model PACE. Kesimpulan dalam penelitan ini adalah: model PACE dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci:

Model PACE, Hasil Belajar Siswa


Keywords


Model PACE, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability

Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.7078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License