Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S. Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019 / 2020

Endang Luli Herawati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP S Islamiyah Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu bulan Maret April 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP S Islamiyah Hessa Air Genting dengan jumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Melalui penerapan metode pembelajaran tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII-A SMP S Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini tampak dari hasil tes akhir belajar, siswa yang tuntas ada 25 orang atau 75%. Tetapi kegiatan pada siklus I belum dikatakan berhasil karena belum memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 85% sehingga perlu diulang agar kemampuan siswa dalam mempelajari materi secara mandiri dan diskusi dengan kelompok asalnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat ditingkatkan, maka perlu dilaksanakan perbaikan-perbaikan dalam melaksanakan tindakan pembelajaran di kelas. Untuk itu dilaksanakan pada siklus II. Pelaksanaan pada siklus II berjalan lebih baik dan lebih kondusif. Ini terlihat dari hasil tes akhir belajar, siswa yang tuntas ada 28 orang atau 87,5%. Maka dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments ( TGT ) di kelas VIII SMP S Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar matematika.


Keywords


Hasil belajar; Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournaments

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. dkk. 2008 . Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.

Cunayah, Cucun. 2009. 1700 Bank Soal. Bandung: Yrama Permai.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Jakarta:PT Refika Aditama.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sapta, Andy. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Teams Games Tournaments With Short Massage Service. Jurnal Mathematics Paedagogic Pendidikan Matematika FKIP Universitas Asahan.

Siregar, T. R. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Mathematics Paedagogic Pendidikan Matematika FKIP Universitas Asahan.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2010). Coopertative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Usman, U. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.7092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License