Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di SMP Negeri 12 Tanjungbalai

Triska Wulan Siregar, Endi Zunaedy Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 7 SMP Negeri 12 Tanjungbalai dengan lima kegiatan pembelajaran yaitu: menggunakan media power point untuk materi mengenal sudut, menggunakan alat peraga Hubantsuka untuk materi hubungan antar sudut matematika, membuat poster tentang materi melukis sudut istimewa, menggunakan kartu bandar untuk materi jenis dan sifat segiempat dan membuat lembar kerja untuk materi keliling dan luas segiempat. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui pembelajaranDaringdengan penggunaan grupmessengerdan pesan berantai.

Penelitian ini saya lakukan sebagai salah satu tugas dalam mengikuti LATSAR CPNS Tahun 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7.2 ( tujuh ) yang berjumlah 21 orang. Setelah melakukan lima kegiatan pembelajaran yang telah dirancang didapat bahwa meningkatnya hasil belajar matematika peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media power point untuk materi mengenal sudut, menggunakan alat peraga Hubantsuka untuk materi hubungan antar sudut matematika, membuat poster tentang materi melukis sudut istimewa, menggunakan kartu bandar untuk materi jenis dan sifat segiempat dan membuat lembar kerja untuk materi keliling dan luas segiempat dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 7 SMP Negeri 12 Tanjungbalai.


Keywords


Power Point; Hubantsuka; Kartu Bandar; Poster; Lembar Kerja; Garis dan Sudut; Segiempat dan Segitiga

Full Text:

PDF

References


Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability

Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1).

Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Tergologi Informatika.

Manurung, A. A. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Informatika.

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.7108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License