Desain Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Himpunan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Sartika Desti Bintang

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan lintasan belajar dalam pembelajaran materi himpunan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Free Methodist 1 Medan. Jenis pelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Langkah penelitian adalah dengan mengikuti fase pembelajaran PBL yaitu a) menyampaikan tujuan pembelajaran agar peserta didik dapat mengatur strategi belajar yang akan digunakan tentang materi irisan dan gabungan himpunan. b) Membentuk kelompok belajar yang heterogen dan memberikan masalah berbentuk LKPD. c) Mendampingi peserta didik untuk memahami LKPD. d) Setelah masalah pada LKPD dapat dipecahkan peserta didik, maka hasil kerj dipresentasikan. e) Bersama sama mengevaluasi proses pembelajaran. f) Peneliti memberikan tes yang berkaitan dengan masalah nyata terkait materi irisan dan gabungan himpunan untuk dianalisa berdasarkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah.


Keywords


Problem Based Learning, Pemecahan masalah, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Full Text:

PDF

References


Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Chemistry Education Review (CER). https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Astuti Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. E-ISSN : 2579-9258

Nurzazili, Ade Irma (2018) Pengembangan Lembar kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika E-ISSN : 2579-9258 P-ISSN : 2614-3038

Ratuanik, Mesak (2019) Desain Pembelajaran Pada Materi Himpunan Menggunakan Model Problem Based Learning, p-ISSN 2685-9009; e-ISSN 2685-9580

Relia, Lika Keterkaita LKPD Matematika Dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif dan Priduktif (KIP). FKIP Universitas Lampung

Plomp (2007). Educational Design Research: An Introduction, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curruculum Development

Pribadi, Benny A.. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Setyorini, dkk. (2011), Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Pengembangan Perangkat dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License