Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transaksi Akuntansi Pendapatan Satker Kelas XI Akuntansi SMK Negeri Jatipuro Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, latihan soal, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada materi Transaksi Akuntansi Pendapatan Satker kelas XI Akuntansi SMK N Jatipuro.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning (PBL) dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK N Jatipuro dalam materi Transaksi Akuntansi Pendapatan Satker mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dari: Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat dari 91 menjadi 95. Pada siklus 2 kategori nilai sangat tinggi siswa meningkat dari 14 siswa menjadi 16 siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arends dalam Trianto. karakteristik model Problem Based Learning (PBL). http://blog.unsri.ac.id/widyastuti/pendidikan/pendekatan-pembelajaran- berbasis-masalah-problem-based-learning-dan-pendekatan-pembelajaran- berbasis-konteks-contextual-teaching-and-learning/mrdetail/14376/
Bloom. Benyamin S. http://triatra.wordpress.com/2011/09/15/taksonomi-bloom/
Ridwan C. 2009. Problem Based Learning. (http://ridwan13.wordpress.com) Titi Chandrawati, Yupiart, 2014, Profesionalitas Guru PAUD, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka
Ibrahim dan Nur. 2000. model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).http://setyoexoatm.blogspot.com/2010/06/problem-based- learning.html
Muchamad Afcariono. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. (http://jurnaljpi.wordpress.com/2009/01/01/muchamad-afcariono/)
Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Sardiman (2007). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar .Jakarta : Gravindo Persada.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudikin dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdiknas.
Sumitro dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Khadijah, 2015, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Poerwadaminta W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.7261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License