Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smkn 1 Pangkatan

Ade Irma Effendi Siregar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMKN 1 Pangkatan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) di kelas XI SMKN 1 Pangkatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK tahun ajaran 2019/2020, subjek ditentukan berdasarkan rekomendasi guru dan wali kelas yaitu sebanyak 33 siswa dan berjenis kelamin laki-laki semua. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Berbasis Masalah, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dari Siklus I ke Siklus II dengan empat indikator yaitu : berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir asli (Originality), dan berpikir merinci (elaborasi). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linier pada tes awal berada pada kategori cukup kreatif pada Siklus I kemampuan berpikir Kreatif meningkat menjadi kreatif dengan persentase (51,51%) dan (12,12%) sangat kreatif. Kondisi ini mengalami peningkatan di Siklus II dimana, kemampuan berpikir kreatif siswa berada pada berpikir kreatif dengan persentase (63,64%) dan (21,21%) sangat kreatif. Perolehan nilai tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Data ini didapatkan dari jawaban siswa yang telah dianalisis sesuai dengan rubrik jawaban dan pedoman penskoran yang mencakup aspek fluency, flexibility, originality dan elaboration.


Keywords


Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF

References


Wirani, N., & Manurung, A. A. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of covid 19. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 16-24.

The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability

Design and Simulation of Indonesian Language Application Exam with Mobile-based End User Development Method

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1).

Manurung, A. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Tergologi Informatika.

Manurung, A. A. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Informatika.

Manurung, A. A., & Gulo, F. F. (2021). Application of Problem Based Learning Model on Pythagorean Theorem Material to Improve Student Learning Outcomes for Class VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(2).

Maisyarah, M., Afriyanti, D., & Manurung, A. A. (2021). PENERAPAN MODEL PACE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NURUL ASANAH. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1).

Manurung, A. A., & Rohmah, M. (2021). THE EFFECT OF USE OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMK BINA ISLAM MANDIRI KERSANA. Al'adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 2(1), 54-57.




DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.7293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License