Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Pada Siswa XII Akuntansi Smkn 44 Jakarta

Mufiendah Fitri Fitriana

Abstract


Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan untuk peserta didik kelas XII Akuntansi SMKN 44 Jakarta. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan kegiatan aktivitas peserta didik selama proses kegiatan belajar mengajar melalui kelas virtual atau daring; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan kelas oleh guru melalui kelas virtual atau daring; dan (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada metode pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan peneliti dalam dua siklus, masing-masing siklus ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Siklus I terdiri dari satu pertemuan (satu kali tatap muka), demikian pula halnya dengan penelitian pada Siklus II. Dimana data aktivitas peserta didik digali dengan menggunakan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, dan data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan menggunakan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan menggunakan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik kelas XII Akuntansi SMKN 44 Jakarta tahun pembelajaran 2020/2021 yang mengacu kepada model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan materi Menerapkan Asset Tetap, di siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas XII Akuntansi SMKN 44 Jakarta tahun pelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi menerapkan asset tetap dengan model pembelajaran problem based learning di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil belajar peserta didik kelas XII Akuntansi SMKN 44 Jakarta tahun pembelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan Materi Menerapkan Aset Tetap mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.


Keywords


Penelitian; Problem Based Learning; Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i1.7308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License