Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di Smk Pustek Serpong Dalam Mata Akuntansi Dasar Kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021

Ayrin Rissky Amalia, Dian Novianti Sitompul

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di SMK PUSTEK SERPONG. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Salah satu factor yang membuat siswa menjadi kurang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung adalah karena proses pembelajaran yang masih menggunakan model yang berpusat pada guru. Model pembelajaran Problem Based Learning dipilih peneiti untuk meningkatkan hasil dan keaktifan belajar pada siswa di SMK PUSTEK SERPONG. Penggunaan model ini terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan rata-rata sebesar 73, 89 dari 62,78. Perubahan tersebut menunjukan perubahan yang signifikan dengan dilakukannya perubahan model pembelajaran. Kegiatan seperti mengobservasi, mengambil keputusan, merumuskan masalah, menanyakan pertanyaan dilakukan ketika proses pembelajaran, kegiatan tersebut dilakukan baik secara individu maupun berkelompok. Kesimpulan yang didapat model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif diunakan untuk meningkatkan hasil dan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran berlangsung.


Keywords


Pendidikan; Pengajaran;Penelitian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License