Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK Negeri 5 Palembang

Putri Rahmadhani, Neta Dian Lestari, Nova Pratiwi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar akuntansi. Menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian faktorial, sampel berjumlah 59 siswa kelas X AKL 1 dan 2 di SMK Negeri 5 Palembang. Pengumpulan penelitian dengan observasi, Group Embedded Figures Test (GEFT), dan soal-soal tes laporan keuangan perusahaan dagang, hasil penelitian dianalisis dengan analisis varians dua arah (two-way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 54,23% gaya kognitif siswa tergolong Field Dependent (FD), sisanya 47,7% tergolong Field Dependent (FD). Hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan skor rata-rata 70,43 dan kelas kontrol dengan rata-rata 63,52. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL dan gaya kognitif dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 5 Palembang.

Keywords


Model Pembelaajaran Problem Based Learning (PBL), Gaya Kognitif, Hasil Belajar

References


DAFTAR PUSTAKA

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Pendidikan Matematika, 04(01), 294303.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (1 ed.). Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Fitriana, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Pada Siswa Xii Akuntansi Smkn 44 Jakarta Penulis. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 181191. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), 2176. https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Hijriah, A. D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berdasarkan Gaya Kognitif. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 173177. https://doi.org/10.30653/003.202062.138

Ikhlas, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 2(2), 135143. https://doi.org/10.22437/jiituj.v2i2.5988

Lestari, N. D. (2018). Perbedaan hasil belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal akuntansi menggunakan guided note taking dengan reading guide. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 2128.

Nofitasari, T., Utomo, S. W., & Sulistyowati, N. W. (2017). Hubungan metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran akuntansi di smk psm 2 kawedanan tahun pelajaran 2016/2017. 5(1), 549560.

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas Vii. V, SNF2016-EER-71-SNF2016-EER-76. https://doi.org/10.21009/0305010312

Pratiwi, N., Lestari, N. D., & Januardi. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Keterampilan Menyelesaikan Siklus Akuntansi Jasa. Equilibria Pendidilan, 7(1), 4152.

Puspananda, D. R., & Suriyah, P. (2017). Analisis Faktor pada Group Embbeded Figures Test untuk Mengukur Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 524.

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 4755. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(2), 7180. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (H. Dzafar (ed.); 1 ed.). YAYASAN BARCODE.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). PROBLEM BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (APPTI).

Sohimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.); II). AR-RUZZ MEDIA.

Sudiyono. (2020). Metode Diskusi Kelompok dan Penerapan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP (Z. Arifin (ed.); 1 ed.). CV. Adanu Abimata.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); 3 ed.). ALFABETA.

Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 4(1), 13931406.

Uno, H. B. (2016). Orientasi Dalam Psikologi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Yusnidah, Y., & Taruna, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Dan Audiovisual Serta Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 417426. https://doi.org/10.17977/um038v4i42021p417




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i2.11469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.