Pengaruh Model Cipp (Context, Input, Process, Product) Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa Di Smk Pgri 1 Palembang

Meri Aprita, Neta Dian Lestari, Riswan Aradea

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mendapatkan pengaruh model CIPP (konteks, input, proses, produk) terhadap hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan di SMK PGRI 1 Palembang dengan sampel 66 siswa yaitu kelas XI AKL I dan AKL 2 mampu menangkap materi pembelajaran dan berdasarkan pernyataan guru mata pelajaran tersebut belum diimplementasikan dalam pembuatan produk. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model CIPP pada siswa kelas XI AKL di SMK PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. pengumpulan data dokumentasi, observasi, wawancara dan tes pilihan ganda. Hasil belajar thitung > ttabel nilai signifikan thitung 3,949 ttabel 0,025 (0,2000) yang menunjukkan pengaruh model CIPP terhadap hasil belajar dan hasil yang diperoleh model CIPP terhadap hasil belajar adalah 64,48% sedangkan 35,52% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Keywords


CIPP Model (Context, Input, Process, Product), Learning Outcomes, Creative and Entrepreneurial Products

References


Afrika, D. R., Lestari, N. D., & Aradea, R. (2020). Hubungan Antara Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Siswa Di Sma Pgri 2 Palembang. Jurnal Promosi, 8(2), 4854.

Ambiyar, & Muharika. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program (Pertama). Alfabeta.

Arif, M. A. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Makassar. Eprints Repository Software Universitas Negeri Makasar.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah (Ed.)). Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (Ed.); Ketiga). Cahaya Prima Sentosa.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. Abdul. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan (Kedua). Bumi Aksara.

Christiani, Y. (2013). Penerapan Model Cipp Dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. 6, 16.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (Pertama). Deepublish.

Isep, D. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process, Dan Output). Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 3753.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan (A. Margaretha & E. Harapan (Eds.); Cetakan Ke). Noerfikri Offset.

Lestari, N. D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kewirausahaan Dengan Metode Reword. Diskusi Panel Nasioanl Pendidikan Kewirausahaan, 129137.

Masnunah, Lestari, N. D., & Aradea, R. (2020). Pemanfaatan Limbah Kain Khas Sumatera Selatan Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(2), 131145. Https://Doi.Org/10.36706/Jp.V7i2.12237

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal Dalam Kemampuan Berbicara. 4(1), 113122.

Parsa, I. M. (2018). Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar (B. K (Ed.); Pertama, Issue March). Rasi Terbit.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula (Husdarta, Akdon, Mulyono, & Subandi (Eds.); Ke-11). Alfabeta.

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan (Riduwan (Ed.); Cetakan Ke). Alfabeta.

Rusman. (2018). Efektifitas Evaluasi Model Cipp (Contexs, Input, Prosess, Product) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Smp Jati Agung Wage Sidoarjo.

Suci, P. H. (2020). Evaluasi Kurikulum Berbasis Entrepreneur Di Smk N 4 Surakarta. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5, 613.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (Ed.); Edisi 3, C). Alfabeta.

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Sfesifik (Ke-15). Rineka Cipta.

Suryani, E., Hendrawan, R. A., & Rahmawati, U. E. (2021). Model Dan Simulasi Sistem Dinamik. Deepublish.

Tirtarahardja, U., & La, S. (2015). Pengantar Pendidikan (C.Kedua). Rineka Cipta.

Valianti, R. M., Lestari, N. D., Kristiawan, M., Danim, S., & Nur, R. (2022). Utilization Of Waste Fabric As A Learning Media To Grow Students Entrepreneurial Soul. 8(1), 116124.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i2.11491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.