Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa

Rika Sriwahyu Ningsih, Faisal Rahman Dongoran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail bagaimana pengaruh pembelajaran jarak jauh dan motivasi belajar terhadap kepuasan belajar mahasiswa FKIP prodi akuntansi.Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utaradengan melibatkan 113 mahasiswa semester II, IV, VI dan VIII pada program studi Pendidikan akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan wawancara. Angket dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap kepuasan belajar mahasiswa dapat dilihat dari hasil signifikan t pengaruh variabel Pembelajaran Jarak Jauh (X1) terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa (Y) sebesar thitung 2,856 > ttabel 1,995 (sig 0,016),dimana signifikan t lebih kecil dari a = 0,05 dan ada pengaruh motivasi belajar terhadapkepuasan belajar mahasiswahal ini dilihat dari hasil signifikan t pengaruh variabel MotivasiBelajar (X2)terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa (y) thitung 4.051 > ttabel 1,995 (sig 0,000), dimana signifikan t lebih kecil dari a = 0,05. Kemudian ada pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa, hal ini dikarenakan Nilai F pada tabel adalah 14,126 > Ftabel 2,72dengan sig 0,000 < a0,05, menunjukan Hoditolak dan Ha diterima.Sehingga kesimpulannya adalah ada Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan belajar Mahasiswa FKIP prodi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.


Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Belajar, Kepuasan Belajar Mahasiswa

References


Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan": Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124"

Dongoran, FR., Syah, Dedy Husrizal., Marniati, M., Hubur, AA., &Susilawati, Samsul. (2020) Factors Influencing Learning Motivation in the Learning Process. Journal of Critical Reviews, 7 (17), 506-511. doi:10.31838/jcr.07.17.70.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemik covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154-160.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020).Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Kholifah, N., & Akhlak, F. K. (2020).Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Semangat Belajar Mahasiswi Semester III Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta. Jurnal Qiroah, 10(2), 82-97.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(oktober), 207213.

Rakhmawati, D. (2018). Teams Games Tournament (Tgt): Improve Motivation of Studying Social Study Elementary School Students. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 17. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.26278

Rustami, N. A., Nuraedi, & Kurniatun, T. C. "(2016). Pengaruh Kualitas Jasa" Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ADPEND Tata Kelola Pendidikan, 1(1), 44. http://ejournal.upi.edu/index.php/jurnaladpend/article/view/3254

Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563

Sunarti, S., & Mitrohardjono, M. (2021).Analisis Dampak Pandemik Covid 19 Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Dunia Pendidikan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 47-56

Yusuf, M. (2017). Pengaruh Kompetensi, Tekanan Ketatan dan Kompleksitas Terhadap AUDIT JUTDGMENT. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 13(01), 167185.

Ansela. (2017). Pengaruh gaya dan motivasi terhadap hasil belajar marketing kelas x pemasaran smk immanuel.

Zahra, R. R., & Rina, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(5), 4357. https://doi.org/10.7868/s0869565218050249

Muafiah, N. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar , 207-213.

Ernawati, Y. (Juni 2020). Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Ilmiah , 13 No 1, 1-15.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Kependidikan , Vol.6, No.2, 165-175.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Its Nu Pekalongan Dan Politeknik Posmanu). 1-10.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Its Nu Pekalongan Dan Politeknik Pusmanu). 1-10.

Jayul, A., & Irwanto, E. (Juni 2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19. Pendidikan Kesehatan Rekreasi , 6, No. 2, 190 199.

Martien, E. (Oktober 2016). Efektifitas Penggunaan Modal Kerja "Dan Likuiditas Terhadap Rentabilitas Pada Pt. Multi Indocitra, Tbk." Dan Edntitas Anak. Finacc , 1 No. 6, 1029 - 1040.

Napitupulu, R. M. (April 2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Inovasi Teknologi Pendidikan , 7, No 1, 23-33.

Pradana, M., & Reventiary, A. (Juni 2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi Di Merek Dagang Customade Indonesia). Manajemen , 6 No. 1, 1-10.

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (Desember 2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Penelitian (Edisi Khusus Pgsd) , 20, No. 2, Hlm. 151-157.

Rohmah, N. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Pgmi , 3 Nomor 2 Desember 2020, 89-95.

Rustami, N. A., Nuraedi, & Kurniatun, T. C. "(2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa". Adpend , 42-52.

S.M.B., M. B., & Sumirah, D. (Maret 2019). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (Crc) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt Astra International Tbk Toyota Sales Operation. Bisnis Dan Pemasaran , 9, Nomor 1, 1-11.

Shabrina, N., Darmadi, & Sari, R. (September 2020). Pengaruh Motivasi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Muslim Gbaleri Indonesia. Madani , 3 No. 2, 1q64 - 173.

Sunarti, & Mitrohardjono, M. (2021). Analisis Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Dunia Pendidikan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tahdzibi , 6 No. 1 Mei 2021, 47-56.

Yusuf, M. (Maret 2017). Pengaruh Kompetensi, Tekanan Ketaatan Dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment. Akuntansi dan Manajemen , 13 No. 01 , 167-185.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v5i2.11824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.