Tren Riset Keberlanjutan dalam Pendidikan Akuntansi: Suatu Kajian Bibliometrik

Rizki Oktavianto, Merinda Noorma Novida Siregar, Yunita Wijayanti

Abstract


Terdapat peningkatan minat terhadap analisis penelitian di bidang pendidikan berkelanjutan. Namun, masih jarang yang mengeksplorasi pada bidang pendidikan akuntansi yang berkelanjutan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memberikan jawaban atas kesenjangan tersebut dengan meninjau secara sistematis penelitian akademis tentang keberlanjutan di bidang pendidikan akuntansi melalui analisis bibliometrik. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis berbagai literatur ilmiah untuk menemukan topik utama, sumber, penulis, artikel yang banyak dikutip, dan negara-negara yang membahas mengenai pendidikan berkelanjutan dalam ranah pendidikan akuntansi. Penelitian ini turut memahami struktur konseptual, intelektual, dan sosial dari literatur terkait pendidikan akuntansi yang berkelanjutan. Analisis bibliometrik berfokus pada artikel jurnal terindeks Scopus yang dipublikasikan pada rentang tahun 1995 hingga 2023. Hasil penelitian disajikan dalam dua bagian. Pertama, analisis kuantitatif terkait gambaran umum pendidikan akuntansi yang berkelanjutan dalam bentuk tabel, grafik, dan pemetaan. Pada tahap ini ditemukan 327 artikel terpublikasi. Kedua, melakukan kajian literatur dari lima literatur yang memiliki sitasi terbesar. Hasil penelitian bermuara pada suatu konklusi bahwa peneliti-peneliti di masa depan dapat mengkorelasikan topik keberlanjutan dalam pendidikan akuntansi dengan variabel-variabel yang belum banyak diteliti, sepertiĀ  kurikulum, kemampuan kerja calon lulusan, kepemimpinan, peningkatan kualitas pendidikan, dan praktik manajemen terbaik.

Keywords


Bibliometrik, Biblioshiny, Keberlanjutan, Pendidikan Akuntansi



DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v6i3.18200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.