Pengaruh Efikasi Diri dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Melalui Motivasi Belajar

Dwi Nur Indah Sari, Andri Zainal, Dede Ruslan, Tuti Sriwedari, Rini Herliani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh efikasi diri dan kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian melalui motivasi belajar. Populasi dan sampel di penelitian ini ialah semua siswa kelas X AKL SMK Negeri 1 Binjai sebanyak 71 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan kuesioner dan soal tes jurnal penyesuaian. Data penelitian diolah melalui analisis jalur dengan SPSS dan uji sobel. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh langsung efikasi diri sebesar 0.915, kompetensi kepribadian guru sebesar 0.710, dan motivasi belajar sebesar 0.658 terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian. Serta adanya pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian melalui motivasi belajar sebesar 0.305 dan pengaruh tidak langsung kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian melalui motivasi belajar sebesar 0.407.

Keywords


Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian, Efikasi Diri, Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar

References


Anggraeni, R., Nisa, K., & Hasnawati. (2023). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 254–259. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/5656

Anggreni, N. L. P. Y. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa SMKN 1 Denpasar: The Influence of Teacher Personality Competence and Student Creativity on Learning Outcomes of Creative Products and Entrepreneurship of Students at SMKN 1 Denpasar. Arthaniti Studies, 2(1), 79–83. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/arthaniti/article/view/1423

Arifin, Z. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya.

Arpizal, A., & Fahirah, F. (2022). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Mas Nurussa’Adah Tebo. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(1). http://dx.doi.org/10.24127/pro.v10i1.6595

Aryanti, Y. D., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243–260. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/37169

Asmara, H. (2020). Profesi Kependidikan. Penerbit Alfabeta.

Bahri, S. (2020). Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS (EDISI III). Andi Offset.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator–Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.51.6.1173

Burić, I., Butković, A., & Kim, L. E. (2023). Teacher Personality Domains and Facets: Their Unique Associations With Student-Ratings of Teaching Quality and Teacher Enthusiasm. Learning and Instruction, 88, 101827. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101827

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3344/2336

Djafar, S. (2018). Pengaruh Kecemasan Belajar Matematika, Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru, Dan Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Tana Toraja. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.2

Duncan, C., Kim, M., Baek, S., Wu, K. Y. Y., & Sankey, D. (2022). The Limits of Motivation Theory in Education and The Dynamics of Value-Embedded Learning (VEL). Educational Philosophy and Theory, 54(5), 618–629. http://dx.doi.org/10.1080/00131857.2021.1897575

Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru. bumi aksara group.

Furi, A. S., Faslah, R., & Yohana, C. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 40 Jakarta. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(1), 107–118. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.201

Haeruddin, & Jamali, H. (2021). Pengantar Akuntansi (Proses Akuntansi Jasa, Dagang, Manufaktur) Dilengkapi Contoh Kasus dan Penyelesaiannya serta Soal Praktik. Deepublish.

Harti, D. (2023). Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Volume 1 untuk SMK/MAK Kelas X (Vol. 1). Penerbit Erlangga.

Ho, B. Q. (2021). Effects of Learning Process and Self-Efficacy in Real-World Education for Sustainable Development. Sustainability, 13(1), 403. https://doi.org/10.3390/su13010403

Maghfirah, I., Wolor, C. W., & Sariwulan, R. T. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Berajah Journal, 3(1), 59–74. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.197

Marwan, Konadi, W., Kamaruddin, Sufi, I., & Akmal, Y. (2023). Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25: Edisi Kedua. Merdeka Kreasi Group.

Natadireja, U., & Nurachadijat, K. (2023). Contribution of Teacher Personality Competence in Improving Student Motivation at MTs Al-Ma’arij. At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v10i1.188

Numimit, A., Iskandar, I., & Nuryatin, A. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Mediator: Survei Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kuningan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(2), 192–201. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/11915

Nur’aini, K. D., Werang, B. R., & Suryani, D. R. (2020). Student’s Learning Motivation and Learning Outcomes in Higher Education. 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020), 463–466. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201014.101

Nuraini, U., Nagari, P. M., Nuris, D. M., & Han, C. G. K. (2021). Developing Teachers’ Social and Personality Competencies in Online Teaching: A New Challenge. Sixth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2020), 345–350. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210616.052

Nurbaiti, & Rijal. (2023). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.32696/jpips.v4i1.2137

Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 140–148. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p140-148

Nurulwati, N., Khairina, L., & Huda, I. (2020). The Effect of Students Self-Efficacy on The Learning Outcomes in Learning Physics. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1), 012113. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1460/1/012113/meta

Owan, V. J., Ekpenyong, J. A., Chuktu, O., Asuquo, M. E., Ogar, J. O., Owan, M. V., & Okon, S. (2022). Innate Ability, Health, Motivation, and Social Capital as Predictors of Students’ Cognitive, Affective and Psychomotor Learning Outcomes in Secondary Schools. Frontiers in Psychology, 13, 1024017. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1024017

Pratiwi, A. R., Yuniarsih, T., Supardi, E., & Rahmad, A. (2021). The Role of Learning Motivation as a Mediation of Influence of Self-Efficacy. Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 10(1), 10–22. https://doi.org/10.22202/economica.2021.v10.i1.4924

Priyatno, D. (2023). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier Dengan SPSS Dan Analisis Regresi Data Panel Dengan Eviews. Penerbit Andi.

Purnomo, A. P., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 3(1), 11–21. http://sjee.unbari.ac.id/index.php/ojssjee/article/view/46

Puspitaningdyah, D. O., & Purwanti, E. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Joyful Learning Journal, 7(1), 39–47. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/24188

Putra, V. W. D., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Motivasi, Minat, dan Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 113–124. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n3.p17-28

Rao, N. J. (2020). Outcome-Based Education: An Outline. Higher Education for the Future, 7(1), 5–21. https://doi.org/10.1177/2347631119886418

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.554

Sani, R. A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan 21). PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Bisnis (Edisi Ke-3). Penerbit Alfabeta.

Suhono. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Unisri Press.

Sulaki, M. J. E., Hamdani, A., & Noor, R. A. M. (2019). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 5(2), 212–221. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15190

Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Deepublish.

Sumyadi, Y., Umasih, U., & Syukur, A. (2020). The Effect of Teacher Teaching Skills and Student Interest on History Learning Outcomes. Journal of Education Research and Evaluation, 4(3), 319–324. https://doi.org/10.23887/jere.v4i3.28349

Tarumasely, Y., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Toenlioe, A. J. E. (2020). The Role of Self-Regulated Learning Strategy With Self Efficacy to Students’Conceptual Understanding. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(3), 837–853. https://mail.palarch.nl/index.php/jae/article/view/180

Uno, H. B. (2020). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v7i1.19255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.