Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM: Tinjauan Literature Sistematis

Sri Ayem, Fuadhillah Kirana Putri, Siti Nur Jannah, Nanda Rachma Hernindya, Maria Yasinta Sarina Putri, Josef Chupertino Carol Dustyanto

Abstract


Lingkungan bisnis telah dipengaruhi secara signifikan oleh fenomena e-commerce, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Artikel ini melakukan tinjauan literatur sistematis untuk mengevaluasi pengaruh penerapan e-commerce terhadap pendapatan UMKM di Indonesia. Melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR), 30 jurnal telah dianalisis untuk menjawab empat pertanyaan penelitian utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar studi menyimpulkan bahwa e-commerce meningkatkan pendapatan UMKM, yang mencakup peningkatan omzet penjualan, akses pasar yang lebih luas, serta peningkatan daya saing. Namun, beberapa penelitian juga menyoroti kendala seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi digital, serta hambatan infrastruktur seperti akses internet yang terbatas.



DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v7i2.20535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.