Kompetensi Pedagogik Dosen dan Prestasi Akademik Mahasiswa

Muhammad Sadri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis bagaimana kompetensi pedagogik dosen berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Al Maksum. Sampel yang digunakan adalah 100 orang mahasiswa yang berasal dari 5 prodi di STKIP Al Maksum. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan wawancara singkat kepada mahasiswa dan dosen. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan statistik deskriptif. Hasil analisa memperlihatkan bahwa kompetensi pedagogik dosen perngaruh signifikan artinya memberikan dampak yang kuat dan secara nyata terhadap pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Pencapaian nilai kompetensi pedagogik dosen sudah baik tetapi tidak pada seluruh aspek yang membangun kompetensi, khususnya pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran dengan prinsip pembelajaran yang mendidik kurang maksimal dan masih banyak mahasiswa yang merasa kurang puas dengan metode pembelajaran dosen di kelas. Pimpinan perguruan tinggi perlu aktif memberikan pelatihan, edukasi, dan membuka forum diskusi yang aktif antar dosen terkhusus dosen pengampu mata kuliah yang sama untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam mengajar, demi mencapai hasil belajar yang berkualitas dan prestasi akademik yang berkelanjutan.


Keywords


kompetensi pedagogik, prestasi, akdemik, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abbasi, A. S., & Mir, G. M. (2012). Impact of Teachers Ability, Students Work Ethics and Institutional Environment on Student Performance of University of Gujrat. Middle-East Journal of Scientific Research, 12(4), 572579.

Akhyak, D. (2013). Implementation of Teachers Pedagogy Competence to Optimizing Learners Development in Public Primary School in Indonesia. International Journal of Education and Research, 1(9), 110.

Ayusrijuniantari, I. (2017). Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa.

Choo, S. S. (2012). Conceptualizing Literature Pedagogy: World, Global, and Cosmopolitan Orientations to Teaching Literature in English. Colombia University.

Gewasari, M. (2016). The Effect of Teacher Competence, Principal Pedagogikal Leadership, School Spiritual Organizational Culture , Job Satisfaction of Teacher Development, Achievement Motivation toward Teacher Performance of Public Senior High School in Deli Serdang District. Journal of Humanities And Social Science, 21(10), 2938.

I, F., P, M., & D, S. (2014). Pedagogikal competence-based Training Needs Analysis for Natural Science Teachers. Journal of Education and Learning, 8(2), 144151.

Irham, M., & Ardy, W. N. (2013). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Irianto. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, profesional, Kepribadian dan Sosial yang Dimiliki Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Empiris pada STIIE AMM Mataram). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 4658.

Irina, A., & Liliana. (2011). Pedagogikal Competences The Key to Efficient Education. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 411423.

Liakopoulou, M. (2011). Teachers Pedagogikal Competence as a Prerequisite for Entering the Profession. European Journal of Education, 46(4), 474.

Murti, R. W., & Prasetio, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 94102.

Pulungan, D. R., & Arda, M. (2019). Kompetensi Dosen Dan Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2).

Putri, S. D., & Suwatno. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Subang. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 918.

Ramnarain, U., & Schuster, D. (2014). he Pedagogikal Orientations of South African Physical Sciences Teachers Towards Inquiry or Direct Instructional Approache. Research in Science Education.

Sarbaini, S. (2017). Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa di Kabuparten Tanah Laut. Banjarmasin.

Syamsul, Azis, A. A., & Pagarra, H. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Biologi Dan Korelasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Sman Se-Kabupaten Sinjai. Jurnal Biotek, 5(2), 123140.




DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.