Peran Aplikasi Pesan-Antar Dalam Pengembangan Usaha UMKM Di Bidang Kuliner

Wa Ode Zusnita, Umi Kaltum, Amelia Rizky Alamanda, Faishal Syams Alif

Abstract


Di masa pandemi ini, banyak dari beberapa sektor terkena dampaknya. Namun, dampak yang paling terlihat adalah penurunan pendapatan masyarakat, terutama pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). UMKM sebagai kunci kesuksesan sebuah organisasi atau perusahaan dan sebagai kontributor terbesar terhadap PBD Indonesia, perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai lapisan masyarakat. Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih, media digital memiliki peran penting bagi penggerak pembangunan UMKM. Peran media digital terlihat dari adanya layanan pesan antar makanan melalui perangkat seperi smartphone, sehingga dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan bermitra dengan jasa layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan UMKM, dengan tujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan pengetahuan dan informasi terkait mitra layanan pesan antar online. Hasil dari program kegiatan sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan yaitu beberapa UMKM mulai mendaftar ke beberapa mitra dan meningkatnya antusiasme para pelaku usaha UMKM untuk bertransformasi ke media digital.


Keywords


UMKM, pandemi, media digital, layanan pesan antar

Full Text:

PDF

References


Andriana et al. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERBISNIS SECARA ONLINE. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 30653073.

Kurniawati, N. , & Y. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan, dan Harga terhadap Volume Penjualan UMKM di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 11051114.

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Dan Jalur Distribusi Umkm DI Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 6974.

Indainanto, Y. (2021). MASA DEPAN MEDIA MASSA DI ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 5(1), 2437.

Nurrahmah. (2017). KONVERGENSI DARI MEDIA KONVENSIONAL KE DIGITAL (Studi pada Harian Ujungpandang Ekspres).

Rifaldo, R. , & Indrayenti, I. (2022). Dampak Pandemi COVID-19 Pada Pendapatan UMKM: Studi Kasus Pada UMKM Keripik Singkong Ainin Di Desa Bumi Raya, Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Jurnal Ekonomika, 6(2).

Sintiawati, N. (2020). PERILAKU MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL DI MASA PANDEMI. Jurnal AKRAB, 11(2), 1019.

Desiana, R. et al. (2021). ANALISA PERAN UMKM SEBAGAI PONDASI KEMASLAHATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT INDONESIA DI MASA PANDEMI. Jurnal EK&BI, 4(2), 566575.

Shafira. (2021). 5 Tantangan dalam Digitalisasi UMKM. Oyindonesia.Com. Diakses di https://www.oyindonesia.com/blog/lima-tantangan-dalam-digitalisasi-umkm

Databoks. (2021). Survei: Masyarakat yang Alami Penurunan Pendapatan Akibat Covid-19 Meningkat. Diakses di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/23/survei-masyarakat-yang-alami-penurunan-pendapatan-akibat-covid-19-meningkat#:~:text=Hasil%20survei%20Indikator%20Politik%20Indonesia,pandemi%20virus%20corona%20Covid%2D19.

Klobility.id. (2021). 5 Dampak Negatif di Era Digital. Diakses di https://www.klobility.id/post/5-dampak-negatif-di-era-digital

Putra et al. (2020). MEDIATISASI LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN DI INDONESIA MELALUI APLIKASI GO-FOOD. Islamic Communication Journal , 5(1), 114124.

Agung, A. , & Nawawi. Z. (2022). Digitalisasi UMKM Bidang Kuliner terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM) , 2(1), 23892397.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v5i2.11984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.