Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Instagram Ads Pada Umkm Fashion Kota Bandung

Amelia Rizky Alamanda, Wa Ode Zusnita, Zahraa Berliana Salsabilla

Abstract


Kemajuan teknologi dan informasi memicu kemunculan UMKM di Indonesia. Semakin banyak UMKM yang bermunculan khususnya di bidang fashion. Kemunculan UMKM ini tentunya memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positif dari kemunculan UMKM ini adalah membantu jalannya perekonomian Indonesia, sisi negatifnya adalah tidak sedikit UMKM yang merasa kesulitan dalam menjalankan usahanya, khususnya terkait dengan modal yang dimiliki. Salah satu solusi untuk menanggulangi minimnya modal yang dimiliki adalah berjualan melalui media online atau media sosial. Dapat dikatakan bahwa media sosial merupakan salah satu media yang efektif untuk menekan pengeluaran dana ketika menjalankan usaha. Salah satu media sosial yang dapat menjadi solusi untuk para UMKM adalah Instagram. Instagram merupakan media sosial informatif dan edukatif, selain itu Instagram juga terbilang mudah digunakan. Instagram juga memiliki fitur yang mendukung para UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, seperti Insta Story, Reels serta Instagram Ads. Melalui Instagram Ads, para UMKM dapat mempromosikan bisnisnya dengan budget yang dimiliki kepada masyarakat umum sehingga dengan Instagram Ads, para mitra UMKM dapat memperluas target pasarnya dan mengembangkan bisnis yang dimiliki.


Keywords


media sosial, Instagram, Instagram Ads, UMKM

Full Text:

PDF

References


Putra Wicaksono, Bagus. 2021. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Usaha dan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha Pelaku UMKM di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Skripsi Akuntansi: Universitas Muhammadiyah Ponorogo..

Utari, Monica. 2017. Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Followersnya. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 4 No. 2. (2017)

Davani, 2020. Apa Itu Instagram Ads? Pengertian, Kelebihan serta Manfaatnya. https://digitaladvertising.id/note/apa-itu-instagram-ads/. Diakses pada 27 Juli 2022.

Mahdi, Ivan M. 2022. Pengguna Media Sosial Indonesia Mencapai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. Diakses pada 27 Juli 2022.

Kusnandar, Budy Viva. 2022. Pengguna Aktif Capai 2,9Miliar, Facebook Masih Jadi Media Sosial Terpopuler di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/08/pengguna-aktif-capai-29-miliar-facebook-masih-jadi-media-sosial-terpopuler-di-dunia. Diakses pada 27 Juli 2022.

Rahmadanti, Resti Adistya, dkk. 2021. Efektivitas Strategi Iklan dengan Menggunakan Instagram Ads untuk Meningkatkan Penjualan dan Branding Produk: Studi Kasus Privet.id. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol. 10, No. 1. (2021)

Christian, Felix. 2021. 6 Tips Instagram Ads Agar Menarik Banyak Audiens. https://toffeedev.com/blog/tips-instagram-ads/. Diakses pada 1 Agustus 2022.

Danis, Puntoadi. 2011. Menciptakan Penjualan via Media Sosial. Jakarta: Elex Media.

Khoirun Nisa, Dina. 2021. Komunikasi Pemasaran Soft-selling (Studi Kasus Penggunaan Konten Soft-selling pada Media Sosial Instagram Rumah Warna. Skripsi Ilmu Komunikasi: Universitas Gadjah Mada.

Alfaruq, Nursalam Alam. 2021, Pengaruh Instagram Ads (Advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Clothing Line Hebe. Skripsi Manajemen: Universitas Brawijaya.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v5i2.11985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.