Determinan Word Of Mouth Dalam Bisnis Kuliner

Sherly Hesti Erawati, Benediktus Prasetya Jaya Wardhana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing- masing elemen Word of Mouth, yaitu, Talkers, Topic, Tools, Tacking Part dan Tracking pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian  . Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan hipotesis . Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkucecwara angkatan 2019 sebanyak 302 mahasiswa dan  jumlah sampel 60 responden menggunakan Teknik purposive sampling.. Analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Liner Berganda, Uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara talkers terhadap keputusan, terdapat pengaruh signifikan antara topics terhadap keputusan pembelian , terdapat pengaruh signifikan tools terhadap keputusan pembelian , terdapat pengaruh signifikan taking part terhadap keputusan pembelian, dan tidak ada pengaruh signifikan tracking terhadap keputusan pembelian. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi variabel Talkers, Topics, Tools, Taking Part, dan Tracking memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 64,9% dan sisanya sebesar 35,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian

Keywords


Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Antonetti, P., & Maklan, S. (2018). Identity Bias in Negative Word of Mouth Following Irresponsible Corporate Behavior: A Research Model and Moderating Effects. Journal of Business Ethics. https://doi.org/10.1007/s10551-016-3095-9

Arifin, S. R., & Merdekawati, E. G. (2020). Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin). https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40007

Asterini, S. A., & Sudaryana, A. (2020). Analisis Pengaruh Dimensi Komunikasi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Marko Milk and Coffee, Kadipiro Yogyakarta. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 14(2), 961–970. https://doi.org/10.31316/akmenika.v14i2.1008

Bruno, L. (2019). Pemenuhan Dimensi Pelayanan Publik. Journal of Chemical Information and Modeling.

Ellis, P., & Abbott, J. (2017). Communication at the heart of leadership: the seven Cs. Journal of Kidney Care. https://doi.org/10.12968/jokc.2017.2.3.182

Esenyel, V., & Emeagwali, O. L. (2019). The relationship between perceived corporate reputation and employee’s positive word of mouth behavior: The mediation effect of trust to managers. Management Science Letters. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.2.004

Fakhrudin, A., Yudianto, K., & A.D., Y. S. (2021). Word Of Mouth Marketing Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah . Forum Ekonomi, 648-657.

Fastami, N. (2017). Pembelian Konsumen Jank-Jank Wings Lovers Check Point Cafe Di Samarinda.

Febryanti, H., & Hasan, F. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Promosi Online terhadap Minat Beli Masyarakat pada Usaha Makanan Online Nasi Madura Pantry’s Kota Pasuruan. Agriscience, 3(1), 164–178. https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15240

Fenanda, Z. I., & Solekah, N. A. (2018). Analisis Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Mediasi. Iqtishoduna, 14(2), 103–122. https://doi.org/10.18860/iq.v14i2.4961

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi Sembilan Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181

Harahap, S. R. (2021). Hambatan – Hambatan Komunikasi. Al-Manaj : Jurnal Program Studi Manajemen Dakwah.

Hermawan, A. (2017). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN DAERAH SALATIGA. Lentera Pustaka, 3(1), 59–79.

Iyer, R., & Griffin, M. (2021). Modeling word-of-mouth usage: A replication. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.12.027

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited.

Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Educ Int. 2012. Pearson Education International.

Lusia Putri, S., Lasti, D., Hastini, Y., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2019). PENGARUH WORD OF MOUTH (TALKERS AND TOOLS) TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PELAYANAN JASA GO-JEK. Jurnal Benefita, 4(2). https://doi.org/10.22216/jbe.v3i3.4178

Mudi Awalia, F. T., & Bin Lahuri, S. (2021). The Influence of Religiosity On Consumer Behavior in Purchasing Halal Label Cosmetics. Ijtihad : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam. https://doi.org/10.21111/ijtihad.v15i1.5760

Natakoesoemah, S. (2020). Pendekatan Komunikasi Partisipatif sebagai Model Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR ) JAPFA4Kids. Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3206

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Consumer Behavior & Marketing.

Purno Ujianto, N. I. M. : 08730120. (2013). Strategi Word Of Mouth Communication Dalam Meningkatkan Minat Menonton Kesenian Banyumasan ( Studi Deskriptif Kualitatif Pada Paguyuban Seni Sapto Turonggo Joyo Kabupaten Banjarnegara) . https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7419/

Priansa, D. J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : Pustaka Setia

Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540

Sari, R. D. K. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga , dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Skripsi, 1–64.

Sernovitz, A. (2012). WHO IS TALKING ABOUT YOU ? Master the art of word of mouth marketing Special offers and freebies available !

Sofianty, D., & Nurhayati, N. 2018. Statistik Penelitian dengan SPSS. Program Studi Akuntansi Unisba.

Sugiyono. (2017). Metode, Buku Kuantitatif, Penelitian Dan, Kualitatif.

Sulistyarini, D. & Zainal, G. A. (2018). Buku Ajar Retorika. In CV. AA. Rizky (Vol. 51, Issue 1).

Sureka, B., Garg, P., & Khera, P. S. (2018). Seven C’s of effective communication. In American Journal of Roentgenology. https://doi.org/10.2214/AJR.17.19269

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Perilaku Konsumen Di Era Internet: Implikasinya Pada Strategi Pemasaran, 780.

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta. https://doi.org/10.1007/BF01013984

Tjokro, C., Niaga, J. A., & Ambon, P. N. (n.d.). Analisis Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL MANEKSI, 9(1).

Ulumi, B. (2014). Pemasaran perpustakaan. Pemasaran Jasa Informasi Perpustakaan, 1–48.

Wicaksana, A. (2016). Pengaruh Words of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Dalam Kemasan Q-Jami’. Medium, 1–20. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.13878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.