Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima

Yana Diana, Sri Rahayu, Arini Zannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan SEM-Partial Least Square (PLS). PLS adalah model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode resampling Bootstrap dengan minimum banyaknya bootstrap sebanyak 217 pada sampel asli. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Pelatihan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Ekonomi dimana hal tersebut membuktikan hipotesis diterima. Artinya semakin baik Pelatihan Kewirausahaan yang ditunjukkan kepada pelaku usaha UKM maka akan meningkatkan Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha. Pemasaran Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Ekonomi dimana hal tersebut membuktikan hipotesis diterima. Tentunya dari temuan ini menunjukkan bagaimana pemasaran Digital dapat mempengaruhi Peningkatan Ekonomi  sehingga diharapkan Pelaku usaha mampu membangun pemasaran Digital mereka agar Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha dapat ditingkatkan.


Keywords


SEM-PLS, Pelatihan Kewirausahaan, Pemasaran Digital dan Peningkatan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Aman, A.H. Lizawati, Amran Harun, dan Zuhal Hussein (2012), “The Influence of Environmental Knowledge and Concern on Green Purchase Intention the Role of Attitude as a Mediating Variable” British Journal of Ans and Social Sciences, Vol. 7, No.II, pp. 145-167

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ba dan Pavlou (2002), Consumer Behavior, Florida: Harcourt, Inc

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Chen, Mei-Fang (2012), “Attitude Toward Organic Foods Among Taiwanese as Related to Health Consciousness, Environmental Attitudes, and The Mediating Effects of a Healthy Lifestyle” British Food Journal, Vol.111 Iss:2, pp. 165-178

Desai, V., & Vidyapeeth, B. (2019). Digital marketing: A review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 5(5), 196-200.

Ghozali, Imam dan Fuad (2008), Strructual Equation Modelling, Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.54, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Niaga Swadaya.

Hameeda, B., Harini, G., Rupela, O. P., Wani, S. P., & Reddy, G. (2008). Growth promotion of maize by phosphate-solubilizing bacteria isolated from composts and macrofauna. Microbiological research, 163(2), 234-242

Harris, L. C., & Goode, M. M. (2010). Online servicescapes, trust, and purchase intentions. Journal of Services Marketing.

Irawan, I. (2020). Perencanaan Keuangan Dan Manajemen Biaya Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Di Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok Langkat Sumatera Utara. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 278-289.

Jasfar, F. (2009). Management Services.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong ( 2008), Principles of Marketing, London: Pearson Education

Lee, Cui, P., J., Hwang, E., & Lee, H. (2011). One-pot reduction of graphene oxide at subzero temperatures. Chemical Communications, 47(45), 12370-12372.

Pahlevi, R., & Hayu, R. S. (2014). Pengaruh Kepuasan, Pemasaran Digital Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Green Product.(Studi Kasus Pada Masyarakat Bengkulu Yang Menggunakan Produk Elektronik Lampu Hemat Energi) (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Pradipta, I. G. S., & Suprapti, N. W. S. (2013). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Calon Pemilih Di Kota Denpasar Untuk Memilih Partai Demokrat Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7(1), 29-39.

Ruan, G. P., Han, Y. B., Wang, T. H., Xing, Z. G., Zhu, X. B., Yao, X., ... & Pan, X. H. (2013). Comparative study among three different methods of bone marrow mesenchymal stem cell transplantation following cerebral infarction in rats. Neurological research, 35(2), 212-220.

Samrin, S., & Irawan, I. (2021). Formulasi Blue Ocean Strategy: Studi Kasus Kopi Gayo di Kabupaten Takengon. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 410-420.

Schlosser, A. E., White, T. B., & Lloyd, S. M. (2006). Converting web site visitors into buyers: how web site investment increases consumer trusting beliefs and online purchase intentions. Journal of marketing, 70(2), 133-148.

Schiffman Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk (2000), Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Jakarta: PT. Indeks

Siregar, M. (2021). Strategi Perencanaan Keuangan Era Pandemi Covid 19 Pada Umkm Kain Ulos Di Desa Pahlawan Kabupaten Batu Bara.

Siregar, M., & Irawan, I. (2021). MANAJEMEN AGRIBISNIS KOPI GAYO DI TAKENGON. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 1-8.

Van der Heijden, H. (2003). Factors influencing the usage of websites: the case of a generic portal in The Netherlands. Information & management, 40(6), 541-549.

Wardhani, M. K. (2011). Kawasan konservasi mangrove: suatu potensi ekowisata. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 4(1), 60-76.

Zhou, L. H., Ntoumanis, N., & Thøgersen-Ntoumani, C. (2019). Effects of perceived autonomy support from social agents on motivation and engagement of Chinese primary school students: Psychological need satisfaction as mediator. Contemporary Educational Psychology, 58, 323-330.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.